PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGAMALKAN SALAT SUNAH DI SMP NEGERI SATAP SAMPEANG KABUPATEN LUWU

JASMIN, NURJANNAH (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGAMALKAN SALAT SUNAH DI SMP NEGERI SATAP SAMPEANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurjannah Jasmin, 2024. “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team
Games Tournament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pendidikan Agama Islam Materi Mengamalkan Salat Sunah di SMP Negeri
SATAP Sampeang Kabupaten Luwu.” Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Baderiah, M.Ag. dan Dr. H. Syamsu
Sanusi, M.Pd.I
Skripsi ini membahas tentang penerapan model cooperative learning tipe
team games tournament dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
Pendidikan Agama Islam materi mengamalkan salat sunah di SMP Negeri SATAP
Sampeang. Penelitian ini bertujuan untuk; Mengetahui aktivitas guru terhadap
pengelolaan pembelajaran, mengetahui aktivitas peserta didik, mengetahui
peningkatan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model cooperative
learning tipe team games tournament pada materi mengamalkan salat sunah SMP
Negeri SATAP Sampeang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap siklus
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri SATAP Sampeang berjumlah 15 orang
peserta didik. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru
terhadap pengelolaan pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik, angket respon
peserta didik terhadap pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan data dalam penelitian ini diperoleh; Aktivitas guru dalam pengelolaan
pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata 67,5 (84,375%) kategori baik, pada
siklus II meningkat dengan nilai yang diperoleh rata-rata 75 (93,75%) kategori amat
baik. Pada angket respon peserta didik terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata
“Ya” 9,73 (97,341%), dan rata-rata “Tidak” 0,27 (2,667%). Terlihat dari hasil
respon “Ya” bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe team
games tournament sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran; Aktivitas
peserta didik dalam pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata 42,5 (81,73%)
kategori baik, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 50 (96,15%) kategori
amat baik; Penerapan model cooperative learning tipe team games tournament
dapat meningkatan hasil belajar, terlihat hasil dari tes pada siklus I diperoleh rata�rata 78,33 (60%) kategori sedang, sehingga tidak mencapai KKM dan termasuk
kategori tidak tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik
diperoleh rata-rata 85,4 (86,7% ) kategori sangat tinggi.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament, Hasil
Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:10
Last Modified: 13 Jan 2025 06:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9868

Actions (login required)

View Item View Item