Djamal, Siti Nur Afifa (2024) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PELAKU EKONOMI KREATIF DI LAPANGAN PANCASILA KOTA PALOPO DALAM MENGEMBANGKAN USAHA. Diploma thesis, IAIN PALOPO.
![[thumbnail of SKRIPSI SITI NUR AFIFAH DJAMAL (EKIS 20).pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SITI NUR AFIFAH DJAMAL (EKIS 20).pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan etika bisnis Islam pada pedagang kreatif lapangan di Lapangan Pancasila Kota Palopo dalam mengembangkan usaha. Penelitian ini bertujuan, yakni: Untuk mengetahui bagaimana nilai yang diterapkan oleh pedagang kreatif lapangan terkait dengan etika bisnis Islam. Untuk mengetahui bagaimana para pedagang kreatif lapangan ini mengimplementasikan nilai etika bisnis Islam dalam pengembangan usaha dalam menjaga eksistensi usaha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berlokasi di Lapangan Pancasila Kota Palopo, dengan waktu penelitian dimulai dari tanggal 12 Maret hingga 24 Mei 2024. Adapun jumlah informan dalam penelitian yakni 4 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan selama masa penelitian, serta menggunakan data sekunder sebagai pendukung informasi tambahan yang diperoleh melalui jurnal, buku, internet dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang kreatif lapangan di
Lapangan Pancasila, Kota Palopo telah menerapkan etika bisnis Islam dalam melakukan perdagangan dan transaksi bisnis di Lapangan Pancasila Kota Palopo. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan sebagian besar dari pedagang telah
menerapkan prinsip etika bisnis Islam, baik secara sadar maupun tidak sadar. Adapun pedagang yang masih kurang paham terkait etika bisnis Islam namun dari penjelasan yang disampaikan pada sesi wawancara mereka secara tidak langsung sudah menerapkan prinsip tersebut ketika berdagang dan dari penerapannya para pedagang tidak merasa dirugikan dan hal ini membuat para pedagang ingin lebih tahu bagaimana cara berdagang dengan menggunakan etika yang baik dan tidak
menyimpang dari ajaran agama.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pedagang Kreatif Lapangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Admin3 IAIN Palopo |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:12 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9957 |