Sofiah, Wulan Dari (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR BERBASIS DIGITAL MARKETING (Studi Pada Toko Irwandahijab Di Pusat Niaga Palopo). Diploma thesis, IAIN PALOPO.
![[thumbnail of SKRIPSI WULAN DARI SOFIAH ( EKIS 20).pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WULAN DARI SOFIAH ( EKIS 20).pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pasar berbasis digital marketing di pusat niaga palopo (studi pada toko irwandahijab)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat dalam dalam menjalankan 2 sistem online dan offline, serta untuk
mengetahui strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan dengan menggunakan analisis SWOT. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif data. Penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara lansung dengan pihak pemilk Toko Irwandahijab, karyawan dan beberapa pelanggan. Serta menyebar kuesioner kepada konsumen, kemudian data-data tersebut dianalisis melalui analisis SWOT dengan cara mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, selanjutnya menghitung matriks IFAS dan matriks EFAS, serta memberikan rekomendasi strategi-strategi melalui matriks SWOT. Hasil penelitian pada strategi pemasaran pada Toko Irwandahijab sudah baik dan sesuai dengan teori-teori pada Strategi Pemasaran. Dimana Toko Irwandahijab menerapkan unsur strategi pemasaran yaitu 4P (product, price, place, promotion). Dengan pemilihan tempat yang sesuai dan strategis karena berada dipusat perbelanjaan tradisional Kota Palopo, produk pakaian dengan kualitas baik, penetapan harga yang sesuai dengan kualitas produk, dan promosi yang dilakukan dengan media sosial dan e-commerce seperti Facebook, instagram dan Tiktok. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang selanjutkan akan dianalisis menggunakan matriks
SWOT sehingga menghasilkan nilai strength 1,35, weakness 1,50, opportunity 1,80 dan threat 1,40, sehingga toko ini berada pada kuadran III atau dalam kondisi turn around yang mendukung strategi WO dengan meminimalkan kelemahan untuk mencapai peluang dengan cara memaksimalkan marketing di media sosial, melakukan pengembangan pada produk, menambah karyawan yang kompeten, dan melakukan pencatatan keuangan secara sistematis.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Digital Marketing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Admin3 IAIN Palopo |
Date Deposited: | 08 May 2025 05:42 |
Last Modified: | 08 May 2025 05:42 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9965 |