Maharani, Andi Fahira (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN DISKON HARGA \ TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DI MARKETPLACE SHOPEE (Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam pada Generasi Z di Kota Palopo). Diploma thesis, IAIN PALOPO.

[thumbnail of SKRIPSI ANDI FAHIRA MAHARANI (EKIS 20).pdf] Text
SKRIPSI ANDI FAHIRA MAHARANI (EKIS 20).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Viral Marketing dan Diskon Harga terhadap Perilaku Pembelian Impulsif di Marketplace Shopee (Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam pada Generasi Z di Kota Palopo). Penelitian ini
ertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing dan diskon harga terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace Shopee pada generasi Z di Kota Palopo dan bagaimana tinjauan ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan asosiatif. Jumlah data populasi diperoleh sebanyak 100 responden generasi Z, berdomisili di Kota Palopo. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form yang dinilai dengan skala likert. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi (R2) melalui program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Viral marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace Shopee pada generasi Z di Kota Palopo. 2) Diskon harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian
impulsif di marketplace Shopee pada generasi Z di Kota Palopo. 3) Viral marketing dan diskon harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif di marketplace Shopee pada generasi Z di Kota Palopo. 4) Viral marketing dan diskon harga menurut pandangan islam
diperbolehkan selama hal tersebut didasarkan pada kesepakatan bersama dan tidak mengandung unsur-unsur terlarang. Sedangkan pembelian impulsif di dalam islam dipandang negatif, konsumen memiliki potensi untuk melakukan pembelian impulsif yang dapat menimbulkan perilaku boros (Israf).
Kata kunci: Diskon Harga, Pembelian Impulsif, Viral Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Admin3 IAIN Palopo
Date Deposited: 09 May 2025 02:12
Last Modified: 09 May 2025 02:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9988

Actions (login required)

View Item
View Item