JANNAH, GHOFIRATUL (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAMINAS NOLING KABUPATEN LUWU TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
GHOFIRATUL JANNAH.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Ghofiratul Jannah, 2018. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku 
Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling 
Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020 Tahun Ajaran 
2019/2020.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam 
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam 
Negeri Palopo, Dibimbing Oleh Abdul Pirol. dan Makmur. 
Skripsi ini membahas Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku 
Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling Kabupaten Luwu 
Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui proses 
pembelajaran daring pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling 
Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020; mengetahui dampak pembelajaran 
daring terhadap perilaku belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas 
Noling Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan 
metode deskriptif kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini: Kepala Sekolah, 
Guru, Wali dan Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling dengan 
jumlah 10 (Sepuluh) orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: 
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan 
dalam penelitian ini, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan 
kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian 
ini, yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi metode. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring di 
Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling Kabupaten Luwu pada Tahun Ajaran 
2019/2020 dilakukan melalui aplikasi grup WhatsApp dengan memberikan materi 
pelajaran, tugas atau informasi melalui pesan atau rekaman suara. Dampak 
pembelajaran daring terhadap perilaku belajar peserta didik di Madrasah 
Ibtidaiyah Yaminas Noling Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020 cenderung 
menurun, hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu: a) faktor internal yang 
meliputi: menurunnya minat dan motivasi belajar, b) faktor eksternal meliputi: 
sarana dan prasarana yang tidak memadai, kurangnya variasi dalam pembelajaran 
dan kurangnya pengawasan orangtua dan guru. 
Kata Kunci: Dampak, Pembelajaran Daring, Perilaku Belajar.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:15 | 
| Last Modified: | 11 Jan 2023 02:15 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5069 | 
