NUR LELA M, NUR LELA M (2022) REPRESENTASI EFIKASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO PADA ERA PANDEMI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
![[thumbnail of NURLELA M.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
NURLELA M.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Nur Lela, 2021, “Representasi Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Daring Siswa 
Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo Pada Era Pandemi”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan 
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh 
Sukirman dan Salmila. 
 Skripsi ini membahas tentang representasi efikasi diri dalam pembelajaran 
daring siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri palopo pada era pandemi. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk representasi efikasi diri siswa 
kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Negeri Palopo dalam pembelajaran daring 
dan mengetahui bagaimana keterlibatan keluarga dalam efikasi diri siswa kelas VII 
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo saat pembelajaran daring dilakukan di rumah. 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian etnografi 
kritis yang membahas isu sosial dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan 
data yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari observasi atau pengamatan, 
wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri 
dengan melibatkan berbagai alat bantu yang digunakan peneliti agar bisa 
mendapatkan data secara benar dan akurat. Prosedur dan rancangan penelitian 
dilakukan melalui analisis data, korpus data, klasifikasi data, interpretasi dan 
penafsiran, mendeskripsikan data, melakukan diskusi hingga menghasilkan 
temuan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi agar dapat 
dipertanggungjawabkan. Analisis temuan dalam penelitian ini melalui langkah 
reduksi data, langkah penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. 
Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) representasi efikasi diri 
siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo dalam melaksanakan 
pembelajaran daring pada era pandemi terdiri dari efikasi diri tinggi, sedang dan 
rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari tampilan sikap dan sifat yang ditunjukan 
siswa berupa optimisme dan pesimisme, yang melibatkan beberapa indikator di 
dalam hal tersebut seperti semangat tinggi, rasa percaya diri, ketekunan dan 
kegigihan, serta kurangnya percaya percaya diri, mudah berputus asa dan semangat 
belajar yang rendah. (2) Keterlibatan keluarga sangat memengaruhi efikasi diri 
siswa VII Madrasah Tsanawiyah Negeri palopo dalam melaksanakan pembelajaran 
daring pada era pandemi. Keterlibatan keluarga berupa tindakan dan ucapan serta 
pemberian perasaan. 
Kata kunci : Representasi, Efikasi diri, Pembelajaran Daring
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 08 Feb 2023 06:52 | 
| Last Modified: | 08 Feb 2023 06:52 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5240 | 
