Maksus, Moh (2011) INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PAI TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MTS. LARA I KECAMATAN BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Moh. Maksus.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Maksus, Moh. 2011. “Interaksi Belajar Mengajar PAI terhadap Pembentukan 
Akhlak Siswa di MTs. Lara I Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu 
Utara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah 
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I), Prof. Dr. 
H.M.Said Machmud, Lc.,M.A., Pembimbing (II), Drs. Hasri, M.A.
Kata kunci: Belajar Mengajar, Akhlak. 
 Skripsi ini membahas tentang gambaran interaksi belajar mengajar PAI 
terhadap pembentukan akhlak siswa, serta hambatan dan upaya apa yang dilakukan 
oleh guru PAI dalam interaksi belajar mengajar PAI terhadap pembentukan akhlak 
siswa MTs. Lara I Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu-Utara
 Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menggunakan metode 
kepustakaan (library research) sebagai landasan teori, dan metode lapangan (filed 
research) sebagai metode mengumpulkan data di lokasi penelitian melalui observasi, 
interview, dan dokumentasi. 
 Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikemukakan bahwa gambaran 
interaksi belajar mengajar PAI siswa terhadap pembentukan akhlak siswa di MTs. 
Lara I Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara adalah saling berhubungan satu 
sama lain, sebab dalam pembelajaran pendidikan agama pada umumnya bertujuan 
untuk mengarahkan siswa agar memperoleh pemahaman agama yang baik sehingga 
terimplementasi dalam bentuk akhlak siswa pada setiap tindakannya. 
 Hambatan dan upaya apa yang dilakukan oleh guru PAI dalam interaksi 
belajar mengajar PAI terhadap pembentukan akhlak siswa MTs. Lara I Kecamatan 
Baebunta Kabupaten Luwu-Utara, yaitu pada faktor penghambat yang dialami oleh 
guru dalam pembentukan akhlak para siswa MTs. Lara I adalah kurangnya respon 
orang tua dan masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pihak madrasah 
untuk membina akhlak siswa, masih terdapatnya sarana dan prasarana yang kurang 
memadai, seperti ukuran mushollah yang kecil dan kurangnya referensi pendidikan 
agama Islam. Adapun upaya yang dilakukan adalah:a). Pembinaan akhlak kepada 
Allah swt, seperti: melaksanakan shalat berjamaah di MTs. Lara I., b). Pembinaan 
akhlak kepada orang tua, seperti: senantiasa memberikan nasehat mengenai cara 
mendidik anak sampai dewasa, serta disarankan agar selalu berbakti kepada mereka 
dengan tidak menyakiti peraasannya., c). Pembinaan akhlak kepada guru, seperti: 
menghormati guru, giat belajar serta sopan san santun dalam bertutur kata kepada 
guru., d). Pembinaan akhlak kepada orang lain, seperti: dengan melakukan kegiatan 
LDK dan pengajian, hal ini dimaksudkan agar siswa dapat belajar untuk hidup 
bersosialisasi dalam suatu kelompok serta sebagai wadah untuk melatih mental 
mereka agar mampu mengontrol diri.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 19 May 2023 02:27 | 
| Last Modified: | 19 May 2023 02:27 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6132 | 
