Risma, Risma (2011) KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA PADA MTs. PADANG SAPPA KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Risma.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Risma, 2011. “Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Upaya Meningkatkan Kualitas 
Belajar Siswa pada MTs. Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten 
Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah 
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo Pembimbing (I) Drs. H. 
Fahmi Damang, M.A. dan Pembimbing (II) Drs. Efendi P., M.Sos.I. 
Kata Kunci: Kelompok Kerja Guru (KKG), Kualitas Belajar Siswa 
 
Skripsi ini membahas tentang Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam upaya 
meningkatkan kualitas belajar siswa pada MTs. Padang Sappa, di mana penelitian ini 
mengangkat permasalahan tentang 1). Peranan Kelompok Kerja Guru dalam upaya 
meningkatkan kualitas belajar siswa di MTs. Padang Sappa. 2). Korelasi antara 
Kelompok Kerja Guru terhadap kualitas belajar siswa di MTs. Padang Sappa, dan 3. 
Kendala dan upaya dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di MTs. Padang 
Sappa. 
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data digunakan untuk 
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek dikaji, yakni a). 
Observasi, atau pengamatan langsung di lapangan, b). Interview yaitu metode 
pengumpulan data dengan cara wawancara atau tanya jawab, c). Kuisioner (angket) 
adalah suatu teknik pengumpulan data dengan cara mengisi suatu daftar yang 
berisikan rangkaian pertanyaan, kemudian selanjutnya keseluruhan data tersebut 
dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil 
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap 
suatu permasalahan telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran tentang 
Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap kualitas belajar siswa dan hasil analisis 
berbentuk tabel frekuensi dan persentase. 
Hasil penelitian ini dapat menentukan usaha untuk meningkatkan kualitas 
belajar siswa di sini peran guru sebagai kulminator terpadu dengan peran sebagai 
evaluator mampu memancing aspirasi siswa, mampu mengaktifkan siswa dalam 
proses belajar mengajar, mampu memvariasi pengelolaan kelas, mampu melayani 
perbedaan individu siswa, serta mampu meningkatkan interaksi belajar siswa. Usaha�usaha dilakukan guru pendidikan agama Islam di MTs. Padang Sappa Kec. Ponrang 
Kab. Luwu dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam adalah a). Pola 
pengajaran efektif, b). Pelaksanakan metode pengajaran, c). Pengadaan les mata 
pelajaran, d). Keaktifan guru dalam mengajarkan mata pelajaran PAI, e). Penguasaan 
guru pada materi pelajaran diajarkan.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 23 May 2023 23:55 | 
| Last Modified: | 23 May 2023 23:55 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6218 | 
