Masnia, Masnia (2014) Peranan Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pendidikan Agama Islam Bagi Perkembangan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 379 Pompengan. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Masnia.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Masnia, 2014 “Peranan Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pendidikan Agama 
Islam Bagi Perkembangan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 379 
Pompengan”. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam 
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. 
Pembimbing (I) Drs. Abd. Muin Razmal, M.Pd., 
(II) Drs. Efendi P, M.Sos.I.
Kata Kunci: Peranan, Perpustakaan, Ilmu Pendidikan Agama Islam, Hasil 
Belajar Siswa. 
Adapun yang menjadi pokok masalah dalam skripsi ini adalah: 1) 
perkembangan hasil belajar siswa di SD Negeri 379 Pompengan dengan 
memerankan perpustakaan sebagai sarana ilmu pendidikan agama Islam, 2) 
Bagaimana fungsi dan peran perpustakaan sebagai sarana Ilmu pendidikan Islam 
dalam perkembangan potensi hasil belajar siswa di SD Negeri 379 Pompengan. 3) 
Bagaimana hambatan dan cara mengatasi masalah sistem pengelolaan sarana dan 
prasarana perpustakaan yang belum lengkap di SD Negeri 379 Pompengan. 
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis 
data secara mendalam tidak berdasarkan angka/persentase. Penelitian ini 
menggunakan metode Metode wawancara, yaitu penulis langsung mengadakan 
proses tanya jawab yang berkaitan dengan penelitian yang sedang berlangsung 
secara lisan kepada setiap responden yang telah ditentukan. Metode dokumentasi, 
yaitu penulis langsung melihat, membaca dokumen atau arsip-arsip yang 
berhubungan dan diperlukan dalam pembahasan penelitian ini di SD Negeri 379 
Pompengan. 
Adapun hasil penelitian yakni: 1.Perpustakaan sekolah di SD Negeri 379 
Pompengan sangat berperan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. 2. 
Keberadaan perpustakaan di SD Negeri 379 Pompengan memberikan konstribusi 
kepada siswa khususnya dalam peningkatan hasil belajar siswa dalam pencapaian 
tujuan pendidikan terutama dalam bidang mata pelajara Pendidikan Agama Islam 
(PAI). Kontribusi tersebut dapat melalui kunjungan rutin siswa ke perpustakaan 
atau kunjungan karena adanya tugas yang dibebankan oleh guru kepada siswa yang 
bersangkutan. 3. Cara mengatasi masalah sistem pengelolaan sarana dan prasarana 
perpustakaan di SD Negeri 379 Pompengan yaitu dengan memberlakukan layanan 
sirkulasi dan layanan administrasi, disamping itu pemberian denda 1000/hari 
terlambat juga diberlakukan. 
Penulis akan mengemukakan saran yang kiranya dapat berguna yaitu: 1. 
Kepada seluruh pihak sekolah agar lebih menumbuh kembangkan minat baca siswa 
melalui perpustakaan. 2. Kepada pustakawan agar menambah sarana dan prasarana 
perpustakaan dengan cara membuat proposal bantuan pengadaan buku kepada 
pemerintah setempat, 3. Diharapkan bagi guru pendidikan agama Islam untuk 
meningkatkan prsetasi siswa dengan cara memfungsikan perpustakaan yang ada
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah 000 Karya Umum, Komputer, informasi dan referensi umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah  | 
        
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 31 May 2023 05:40 | 
| Last Modified: | 31 May 2023 05:40 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6420 | 
