Isra, Isra (2014) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 365 PADANG CENRANA KEC.BUPON KAB.LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Isra.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Isra, 2014. Efektifitas Penggunaan Modul Berbasis Kontekstual Dalam Menigkatkan 
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 365 Padang Cenrana Kec. 
Bupon Kab. Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan 
Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palopo, dibimbing oleh 
Drs.H.M Arief R, M. Pd.I dan A. Ika Prasasti Abrar, S.Si.,M.Pd. 
Kata Kunci : efektifitas, modul berbasis kontekstual, hasil belajar matematika. 
 
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana hasil belajar 
matematika peserta didik kelas III SDN 365 Padang Cenrana yang diajar 
menggunakan modul berbasis kontekstual, 2. Bagaimana hasil belajar peserta didik 
kelas III SDN 365 padang cenrana yang diajar dengan model pembelajaran biasa 
atau konvensional,3. Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN 
365 padang cenrana yang diajar dengan menggunakan modul berbasis kontekstual 
lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang di ajar dengan pembelajaran 
konvensional. 
 Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu 1. Untuk mengetahui hasil belajar 
matematika peserta didik kelas III SDN 356 Padangcenrana Kec. Bupon Kab. Luwu 
yang diajar dengan menggunakan modul berbasis kontekstual. 2. Untuk mengetahui 
hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN 356 Padang cenrana Kec. 
Bupon Kab. Luwu yang diajar dengan model pembelajaran biasa atau konvensional. 
3. Untuk mengetahui Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN 
356 Padang cenrana Kec. Bupon Kab. Luwu yang diajar dengan menggunakan 
modul berbasis kontekstual lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang 
diajar dengan konvensional. 
 Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu 
seluruh siswa kelas III SDN 365 Padang cenrana tahun ajaran 2013/2014. Teknik 
pengambilan sampel yang digunakan sampling jenuh. Cara pengambilan data yaitu 
dengan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan statistik 
deskriptif. 
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang 
mendapat perlakuan berupa modul pada kelas eksperimen menunjukkan hasil yang 
lebih baik dengan nilai rata-rata sebesar 74,06 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol 
sebesar 65,24. Dengan melihat selisih rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol dan 
eksperimen dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar 
dengan model pembelajaran dengan Menggunakan Modul Berbasis Kontekstual di 
kelas eksperimen lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model 
pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos | 
| Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:38 | 
| Last Modified: | 13 Jun 2023 02:38 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6599 | 
