ALFAYAT, DODI (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI SUBTEMA SIKLUS AIR KELAS V SDN 068 MANGANAN KECAMATAN RONGKONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
![[thumbnail of DODI ALFAYAT.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
DODI ALFAYAT.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK 
Dodi Alfayat, 2022. “Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Tema Siklus 
Air Kelas V SDN 068 Manganan Kec. Rongkong”. Skripsi Program Studi 
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu 
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K. 
dan Nilam Permatasari. 
Skripsi ini membahas tentang pengembangan video pembelajaran animasi 
tema siklus air. Bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, untuk 
mengetahui hasil pengembangan, untuk mengetahui hasil validitas, dan untuk 
mengetahui kepraktisan video pembelajaran animasi. 
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and 
Development (R&D). Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyse, design, development, 
implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu 
wawancara guru dan angket siswa. Sumber belajar yang telah dibuat selanjutnya 
divalidasi oleh 3 validator di antanya: validator media, validator bahasa, dan 
validator materi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan 
analisis data kuantitatif. 
Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah peneliti dapatkan bahwa siswa di 
SDN 068 Manganan membutuhkan video pembelajaran animasi. Produk yang 
dikembangkan pada penelitian ini berupa video pembelajaran animasi yang dibuat 
dengann menggunakan aplikasi edit video yaitu premier pro. Setelah video selesai 
didesain dilakukan validasi produk, didapatkan hasil dari ahli materi 90%, ahli 
bahasa 80,55%, dan ahli desain 82,5%. Setelah dihitung nilai keseluruhannya 
diperoleh data sebesar 84,48% dikategorikan sangat valid. Setelah tervalidasi 
selanjutnya peneliti memberikan kepraktisan kepada siswa dan diperoleh yaitu 
data sebesar 87,15% dikategorikan sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan 
bahwa video pembelajaran animasi sudah sangat praktis untuk digunakan pada 
peserta didik kelas V di SDN 068 Manganan. Dapat disimpulkan dengan adanya 
video pembelajaran animasi ini dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar 
peserta didik. 
Kata kunci: Animasi, Siklus Air, Video pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 24 Aug 2023 07:05 | 
| Last Modified: | 24 Aug 2023 07:05 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7137 | 
