Harani, Amalia (2022) ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
SKRIPSI AMALIA HARANI.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Amalia Harani, 2022. “Etika Komunikasi Di Media Sosial Dalam Perspektif 
Al-Qur‟an”. Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur‟an dan 
Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN 
Palopo Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing 
oleh Hamdani Thaha, S.Ag. M.pd.I dan Teguh Arafah 
Julianto, S.Th.I, M.Ag
Skripsi ini membahas tentang Etika Komunikasi di media Sosial dalam Perspektif 
Al-Qur‟an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hakikat etika 
komunikasi dan untuk mendeskripsikan pandangan al-Qur‟an mengenai etika
komunikasi di media sosial. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi 
ini adalah bagaimana hakikat etika komunikasi dan bagaimana pandangan al�Qur‟an terhadap etika komunikasi di media sosial. Penelitian ini menggunakan 
metode penelitian tematik (Maudhu‟i). Hasil penelitian ini yaitu (1). Komunikasi 
Islam mengandung muatan pesan yaitu bagaimana menyampaikan dan 
menerapkan nilai-nilai Islam yang berdasarkan al-Qur‟an dan Hadis dalam 
berbagai aspek kehidupan manusia atau dengan kata lain bahwa komunikasi Islam 
terkait pada pesan khusus yaitu dakwah, karena al-Qur‟an dan Hadis merupakan 
pedoman bagi umat Islam dalam hidup dan kehidupannya baik di dunia maupun 
di akhirat.(2). Dari keenam etika komunikasi perspektif al-Quran, dapat dipahami 
bahwa, sebuah komunikasi dikatakan baik dan tidak bertentangan dengan ajaran 
agama Islam jika sudah melaksanakan etika komunikasi dari 6Q yakni Qaulan 
ma‟rufan (Ungkapan yang baik dan pantas), Qaulan kariman (perkataan yang 
mulia dan berharga), Qaulan Maysuran (perkataan yang ringan dan 
mudah),Qaulan balighan (perkataan yang membekas pada jiwa dan mudah di 
pahami),Qaulan layyinan (perkataan yang lemah lembut), dan Qaulan sadidan
(perkataan benar,lurus dan jujur). Bagi penulis berikutnya agar lebih 
menampakkan ayat dan contoh tentang etika komunikasi di media sosial dan juga 
agar lebih menjelaskan secara detail tentang etika komunikasi dalam berbagai 
pendapat mufassir.
Kata kunci: Etika Komunikasi, Al-Qur‟an
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an 200 Agama > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an  | 
        
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir | 
| Depositing User: | Muh. Afandhy Amir | 
| Date Deposited: | 26 Oct 2023 05:20 | 
| Last Modified: | 26 Oct 2023 05:20 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7280 | 
