SUCIARTI, UR INDAH (2023) EKSPLORASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
NUR INDAH SUCIARTI.PDF
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Nur Indah Suciarti, 2023. “Eksplorasi Nilai-Nilai Pendidikan agama Islam
dalam Film Animasi Upin dan Ipin”. Skripsi Program Studi Pendidikan 
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama 
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Firman.
Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam yang 
terdapat dalam film animasi Upin dan Ipin serta kontribusinya terhadap 
pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 
nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam film animasi Upin dan 
Ipin serta kontribusinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi artinya, penelitian 
yang menemukan budaya masyarakat atau individu. Budaya yang dimaksud 
adalah nilai, sikap, peristiwa, dan fenomena. Penelitian ini termasuk etnografi 
karena meneliti bentuk bentuk perilaku yang mengandung nilai pendidikan agama 
Islam.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa film animasi Upin dan Ipin 
mengandung tiga nilai pendidikan agama Islam yaitu; nilai pendidikan akidah 
yang mencakup beriman kepada Allah Swt. Nilai pendidikan akhlak yang 
mencakup akhlak kepada Allah Swt., akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada 
sesama manusia yang mencakup; akhlak kepada orang tua, akhlak kepada orang 
tua yang telah meninggal meninggal dunia, akhlak kepada orang yang lebih tua, 
akhlak kepada guru, akhlak kepada saudara, akhlak kepada teman, akhlak kepada 
lingkungan, menebar salam, mengucapkan 3 kata ajaib (maaf, tolong, terima 
kasih), tolong menolong, persaudaraan.. Nilai pendidikan syar‟iah yang mencakup 
ibadah mahdah dan ibadah ghairu mahdah. Kontribusi film animasi Upin dan Ipin 
dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu dapat digunakan sebagai salah 
satu media pembelajaran bagi peserta didik di sekolah dasar karena film tersebut 
memenuhi kriteria film animasi yang dapat digunakan sebagai media 
pembelajaran yaitu, sederhana, tidak terlalu panjang, menggunakan bahasa yang 
baik, berisi permainan yang menghibur, berisi nilai-nilai edukasi. Nilai-nilai 
tersebut sangat bermanfaat dan dapat dijadikan contoh untuk menumbuhkan nilai�nilai pendidikan agama Islam dalam diri peserta didik.
Kata Kunci : Nilai Pendidikan Agama Islam, Film Animasi, Media Pembelajaran
PAI
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu  | 
        
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 08 Nov 2023 07:52 | 
| Last Modified: | 08 Nov 2023 07:52 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7745 | 
