RAMADHANI, ISNA (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK PENYALAHGUNAAN APLIKASI TIKTOK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
ISNA RAMADHANI (PAI 2019).PDF
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Isna Ramadhani, 2023. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam 
Pembinaan Akhlak Peserta Didik Penyalahgunaan Aplikasi 
TikTok Di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Luwu”. Skripsi
Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Mawardi, S.Ag., M.Pd.I. dan Abdul Rahim Karim, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Islam 
Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Pengguna Aplikasi TikTok Di Sekolah 
Menengah Atas Negeri 10 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) 
Mendeskripsikan realitas penggunaan aplikasi TikTok pada peserta didik Sekolah 
Menengah Atas Negeri 10 Luwu, (2) Mendeskripsikan Upaya guru pendidikan 
agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik penyalahgunaan aplikasi 
TikTok Di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Luwu
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian 
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Luwu
dan waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2022-2023. Subjek penelitian yaitu: Guru Pendidikan Agama Islam, Peserta didik 
pengguna aplikasi TikTok kelas X, XI, dan XII, Kepala Sekolah atau Wakil 
Kepala Sekolah dan peserta didik. Organisasi Keagamaan Sekolah (Rohis)
Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen atau
foto. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Kebanyakan peserta didik menggunakan aplikasi TikTok. Penggunaan 
aplikasi TikTok sebagai wujud aktualisasi diri di dunia maya bagi peserta didik Di 
Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Luwu hanya untuk hiburan dan mencari 
kesenangan semata agar mendapatkan lebih banyak teman dan lebih populer. Oleh 
sebab itu mengupload video ke aplikasi TikTok bagi sebagian peserta didik sangat 
perlu untuk mendapatkan lebih banyak teman dan populer, sedangkan bagi 
sebagian peserta didik lainnya mengupload video ke aplikasi TikTok itu tidak 
perlu dan mereka menggunakan aplikasi TikTok hanya untuk sarana hiburan 
dengan menonton video-video orang lain. Bagi sebagian informan tanpa mereka 
sadari mengupload video ke aplikasi TikTok segaja mengaktualisasikan diri 
mereka agar mereka lebih terkenal lagi dan populer serta lebih banyak disukai 
oleh orang lain. Adapun dampak yang ditimbulkan dari aplikasi TikTok : (a) 
Tidak Fokus Belajar, (b) Malas dan. Mengantuk, (c) Berbohong, (d) Tidak 
Mampu Bersosialisasi Dengan Teman, (e) Terkena Virus TikTok : (1) Virus 
Kamu Nanya?? (2) Virus Latto – Latto (3) Virus Merah Jambu (4) Virus Kata 
Anjay dan Meledaakk (5) Virus Goyang Pargoy (6) Virus SD (Sadar Diri) (7) 
Virus Balap Motor (2) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan 
Akhlak Terhadap Peserta Didik Pengguna Aplikasi TikTok di Sekolah Menengah 
Atas Negeri 10 Luwu : (a) memanfaatkan handphone peserta didik untuk 
mengerjakan tugas dan belajar (b) Memberikan contoh berbicara dan berperilaku 
xvi
yang baik kepada peserta didik, (c) Memberikan motivasi dan nasehat kepada 
peserta didik. (d) Memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik. (e). 
Mengarahkan peserta didik untuk sholat dzhur. (f) memberikan teguran dan 
hukuman kepada perlaku menyimpang peserta didik agar penyimpangan akhlak 
yang dilakukan tidak terulang kembali.
Kata Kunci: Peranan Guru PAI, Pembinaan, Akhlak, Peserta didik, Aplikasi 
TikTok
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu  | 
        
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 14 Nov 2023 02:01 | 
| Last Modified: | 14 Nov 2023 02:01 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7877 | 
