MASDA, WINDA SARI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS VI DI SDN 437 KARIAKO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Abstract
ABSTRAK 
Winda Sari Masda, 2024. " Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe 
Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi 
Globalisasi Pada Siswa Kelas VI di SDN 437 Kariako Kabupaten 
Luwu.". Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Perguruan Institut Agama Islam Negeri 
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh (1) Dr. Hj. Nuryani, M.A. (2) Ahmad 
Munawir. S.Pd.,M.Pd.  
Model kooperatif tipe Snowball Throwing merupakan salah satu model 
pembelajaran yang dapat membantu guru pada mata pelajaran IPS dengan materi 
globalisasi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini ialah kurang variatifnya 
model pembelajaran yang digunakan guru sehingga antusias serta motivasi siswa 
dalam mengikuti pembelajaran sangat kurang. Hal ini tentunya akan berdampak 
pada hasil belajar siswa. Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk 
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 437 Kariako melalui 
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing khususnya 
pada mata pelajaran IPS materi globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian 
tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini ialah guru IPS dan siswa kelas 
VI dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh melalui 
instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi siswa dan guru beserta tes. 
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas guru 
pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,46 dengan kategori cukup baik dan 
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 4,82 dengan kategori baik sekali 
selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,20 dengan 
kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 4,90 
dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan 
nilai persentase 40% hanya 8 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 
(KKM) dari 20 siswa yang ada. Adapun Pada siklus II meningkat menjadi 90% 
atau 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan 
bahwa penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dalam mata pelajaran 
IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 437 Kariako. 
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPS
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | 
| Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com | 
| Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:35 | 
| Last Modified: | 12 Aug 2024 01:35 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9270 | 
