MAULIDATURRAHMI, HUSNUL (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH AL-MAWASIR LAMASI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Husnul Maulidaturrahmi, 2023. “Manajemen Kurikulum di Madrasah Aliyah
Al Mawasir Lamasi Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang manajemen kurikulum yang merupakan kegiatan
untuk memperlancar kegiatan proses belajar mengajar yang mencakup mulai dari
perencanaan, pengorganisasian serta implementasi dalam meningkatkan mutu
Pendidikan. Madrasah Aliyah Al Mawasir Lamasi dalam manajemen kurikulum
sudah dilaksanakan cukup baik. Namun masih terdapat kekurangan misalnya
proses belajar mengajar hanya berpusat pada metode ceramah sehingga siswa
kurang aktif dalam berinteraksi pada proses pembelajaran.
Studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek
penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru. Sedangkan objek dari
penelitian ini yaitu kurikulum yang digunakan pada MA Almawasir Lamasi yang
meliputi tentang perencanaan, pengorganisasian dan implementasi.Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta
dokumentasi. Sumber data yang diporoleh dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah selaku informan yang menjelaskan serta memberikan informasi tentang
data yang akan digali selaku informan, serta dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan
bahwa dalam perencanaan manajemen kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah Al
Mawasir Lamasi dilaksankan pada awal tahun ajaran baru serta melibatkan
seluruh warga sekolah, sedangkan pengorganisasian kurikulum kepala sekolah
bertanggungjawab penuh atas proses perencanaan dan mengacu pada ketentuan
pemerintah. Sedangkan pengimplementasian kurikulum terbagi atas dua tingkatan
yaitu tingkatan sekolah dan tingkatan kelas. Adapun faktor pendukung yaitu
orang tua siswa dan masyaraka sekitar yang cenderung mengerti Pendidikan yang
berbasis agama, serta sarana dan prasarana yang ada serta dukungan dari pihak
lain. Sedangkan fakor penghambatnya yaitu keterbatasan SDM, ketersediaan
anggaran yang belum cukup untuk memaksimalkan sarana dan prasarana untuk
menunjang proses belajar yang lebih baik.
Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Kepala Sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 05:59 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 05:59 |
URI: | https://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |