Ismail, Abd (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI THAHARAH MELALUI METODE MODELLING THE WAY BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-MAWASIR PADANG KALUA KAB. LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of SKRIPSI ABD. ISMAIL (PAI 20).pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ABD. ISMAIL (PAI 20).pdf
Download (7MB)
Abstract
Abd. Ismail, 2024. “ Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Thaharah melalui
Metode Modelling The Way Berbantuan Media Audiovisual pada
Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Mawasir Padang Kalua Kab. Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Mawardi dan Muhammad Yamin.
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi
Thaharah melalui Metode Modelling The Way Berbantuan Media Audiovisual
pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Mawasir Padang Kalua Kab. Luwu.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fiqih materi thaharah melalui metode modelling the way berbantuan media audiovisual pada peserta didik kelas VII MTs Al-Mawasir Padang Kalua Kab. Luwu, 2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui metode modelling the way berbantuan media audiovisul dalam pembelajaran fiqih materi thaharah
kelas VII MTs Al-Mawasir Padang Kalua Kab. Luwu.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan di
MTs Al-Mawasir Padang Kalua dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas
VII sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar
observasi aktivitas guru dan peserta didik, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis deskiptif kuantitatif untuk mengetahui aktivitas
mengajar guru, aktivitas belajar pesert didik dan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) metode modelling the wayberbantuan media audiovisual dapat meningkatan hasil belajar peserta didik antar siklus. Pada prasiklus nilai rata-ratanya yang diperoleh 64,3 dengan ketuntasan 20%, pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata menjadi 74 dengan ketuntasan 55% dan siklus II rata-ratanya mencapai 79,2 dengan ketuntasan 90%. 2) peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui metode modelling the way berbantuan media audiovisual pada siklus I diperoleh rata-rata 57,1% dengan kategori cukup
sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 87,1% dengan k
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Hamka Hamka |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:41 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:41 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10007 |