Lail, Nur Alfi (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI PERANAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN NURUL MAYYADAH DALAM MEMBENTUK AKHLAK ANAK DI DESA LINO KECAMATAN SUKAMAJU SELATAN. Diploma thesis, Fakultas Syariah.

[thumbnail of SKRIPSI NUR ALFI LAIL (HKI 20).pdf] Text
SKRIPSI NUR ALFI LAIL (HKI 20).pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Alfi Lail 2024. “ Tinjauan Hukum Islam Mengenai Peranan Taman
Pendidikan al-Qur’an dalam Membentuk Akhlak anak di Desa Lino
Kecamatan Sukamaju Selatan “. Skripsi Program Studi Hukum Keluarga
Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Sabaruddin dan Firmansyah.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Taman Pendidikan
al-Qur’an dalam membentuk akhlak anak, mengembangkan aspek-aspek agama,
mampu membaca dan menulis al-Qur’an, membentuk akhlak dan kepribadian
seorang anak. Pendidikan dan pembentukan akhlak harus diterapkan sejak dini,
agar anak dapat menanamkan ajaran islam dalam dirinya, bersikap dan berperilaku
islami sejak dini, dan pondasi penting yang harus dibangun oleh anak ialah akhlak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
dengan pendekatan penelitian normatif-empiris. Adapun sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (hasil wawancara), data sekunder
(data dokumen) dan data tersier. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengelolaan
data dilakukan dengan editing dan organizing, menganalisis data dan mengambil
kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 3 bentuk peranan TPA Nurul
Mayyadah dalam membentuk akhlak anak berupa mengajarkan membaca al-Qur’an
dengan baik dan benar dengan metode pembiasaan, mengajarkan tata cara hafalan
dan praktek sholat dengan metode keteladanan, dan mengajarkan materi akhlak
melalui kisah teladan 25 nabi dan rasul dengan metode cerita. Adapun bentuk
pembelajaran di TPA Nurul Mayyadah terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok
A terdiri dari santri yang sudah menduduki bacaan al-Qur’an dan sudah menguasai
beberapa pelajaran tambahan. Kelompok B yang sebagian santrinya masih
memerlukan tuntunan dan sedikit sulit untuk menguasai bacaannya. Kelompok C
yang memerlukan perhatian lebih dalam pembelajaran baik dalam membaca Iqra
maupun dalam pelajaran tambahan. Dalam konteks hukum Islam, TPA sebagai
wasilah dengan tujuan belajar ilmu agama dan akhlak yang hukumnya wajib, maka
TPA sebagai wasilah di hukumi wajib. Hal tersebut dikatakan wajib pula karena
Desa Lino tidak memiliki wadah lain yang berpotensi dalam bidang keagamaan.
Kata Kunci: Peran, Taman Pendidikan al-Qur’an, Akhlak, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 346.01 Hukum Keluarga, Hukum Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Keluarga
Depositing User: Mr Hamka Hamka
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:39
Last Modified: 07 Jul 2025 06:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item
View Item