Hidayat, Taufik (2025) PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT KE SEKOLAH SISWA KELAS X MAN PALOPO. Masters thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Taufik Hidayat] Text (Skripsi Taufik Hidayat)
SKRIPSI_TAUFIK_HIDAYAT.docx

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat ke Sekolah Siswa Kelas X MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui konseling dengan teknik self-management berpengaruh untuk mengurangi perilaku terlambat ke sekolah siswa kelas X MAN Palopo, 2) untuk mengetahui proses penerapan konseling dengan teknik Self-Management untuk mengurangi perilaku terlambat ke sekolah siswa kelas X MAN Palopo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini siswa-siswi MAN Palopo kelas X yang berjumlah 252 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang dipilih secara simple random sampling. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji-t menggunakan Paired Sample t Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) gambaran perilaku terlambat siswa sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 25%, kategori rendah dengan persentase 45%, kategori sangat rendah dengan persentase 30%, 2) proses penerapan layanan konseling dengan teknik self management dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah disusun dengan 3 kali pertemuan, 3) hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik self management dengan perilaku terlambat siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil uji t menggunakan Paired Sample t Test yang menghasilkan nilai thitung 2.540 mean 13.05000, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan ketentuan thitung > ttabel (2.540 > 1.734), dengan demikian perilaku terlambat siswa mengalami perubahan setelah diberikan perlakuan berupa layanan konseling dengan teknik self management dan sig. 0,02 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut, maka Ha diterima yang artinya layanan konseling dengan teknik self management berpengaruh dalam mengurangi perilaku terlambat siswa ke sekolah.

Kata Kunci: Siswa, Self Management, Perilaku Terlambat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 09 Jul 2025 00:59
Last Modified: 09 Jul 2025 00:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item
View Item