Kasrah, Kasrah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI KARAKTER ISLAMI PADA MATERI BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV DI MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi KASRAH]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KASRAH (PGMI 18).pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan, bentuk perencanaan, pengembangan, dan penyebaran media pembelajaran video animasi karakter islami pada materi Berbagai Pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D).Pengembangan produk menggunakan model 4D yaitu (1) tahap Define, (2) tahap
Design, (3) tahap Development, dan (4) tahap Disseminate. Penelitian ini dilakukan di MI Datok Sulaiman Putra Palopo. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV serta objek penelitian berupa media pembelajaran video animasi
karakter Islami. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi,wawancara guru, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitianini menggabungkan dua jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dan kuantitaf. Hasil analisis kebutuhan, menunjukkan bahwa perlu adanya bahan ajar untuk
membantu dan memecahakan masalah terkait kesulitan yang dihadapi oleh guru dan siswa. Dengan demikian, peneliti mengembangkan mengembangkan produk berupa video pembelajaran dengan karakter Islami yang pada perancangan
disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan dengan mengacuh pada jawaban guru dan siswa. Video pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan valid oleh keempat ahli dengan kategori diantaranya ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 89,28% dengan kategori sangat valid, validasi ahli
materi memperoleh nilai 95,45% dengan kategori valid, untuk hasil validasi ahli desain memperoleh nilai 75% dengan kategori valid. Video pembelajaran praktis dan efektif digunakan oleh guru dan siswa. Hasil uji praktikalitas melalui angket guru memperoleh presentase sebesar 100% dan angket siswa sebesar 94,46% yang
menunjukan pada kategori praktis. Uji efektivitas produk memperoleh kategori efektif dengan nilai 92,85%, sehingga disimpulkan bahwa video pembelajaran sudah praktis dan efektif digunakan guru dan siswa.
Kata Kunci : Video Pembelajaran Karakter Islami
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:58 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:58 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10831 |