Jumadir, Muh.Rafli Al-Rasyd (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBUATAN BATAKO PADA UD. SIKARO DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DI DESA JALAJJA. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Muh.Rafli Al Rasyd Jumadir] Text (Skripsi Muh.Rafli Al Rasyd Jumadir)
skripsi muh rafli al rasyd j.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia, tentu dalam menjalankan usaha tidaklah mudah. Dibutuhkan manajemen strategi yang
baik agar usaha tetap berjalan dan berkembang. UD Sikaro merupakan usaha pembuatan batako yang telah beroperasi dari tahun 2017 sampai sekarang dan tentu sudah memiliki
pelanggan yang loyal. usaha UD Sikaro memiliki masalah baik dari faktor internal maupun faktor eksternal yang dapat mengganggu perkembangan usaha tersebut.
Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, dengan menggunakan analisis SWOT
dan mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha pada UD Sikaro. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan penelitian secara kualitatif
melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Setelah mengumpulkan data lapangan, penulis akan mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis secara menyeluruh dan
disimpulkan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pengembangan usaha batako UD sikaro.
Hasil dari analisis SWOT, setelah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, menunjukkan bahwa usaha batako UD sikaro memiliki kekuatan utama pada
harga produk yang terjangkau, kualitas produk yang baik, serta efisiensi sesuai produksi, yang didukung oleh sarana dan pembagian tugas yang jelas dan memiliki kelemahan
yaitu proses produksi yang masih sederhana, kualitas pekerja, sistem promosi yang belum optimal, dan modal awal tergolong besar. Sementara itu identifikasi peluang
menunjukkan bahwa UD sikaro di untungkan oleh ketersediaan bahan baku, dan tenaga kerja yang mudah serta murah, dan masyarakat desa jalajja yang lebih memilih batako,
namun perusahaan juga dihadapkan pada ancaman persaingan dari pengusaha batako lain, fluktuasi harga bahan baku, munculnya material konstruksi alternatif, serta dampak
perubahan iklim atau cuaca terhadap produksi, maka dari itu berdasarkan berdasarkan analisis SWOT, strategi pengembangan usaha UD sikaro di fokuskan pada pemanfaatan keunggulan harga dan kualitas untuk memperkuat posisi di pasar yang loyal, sembari
mengatasi kelemahan melalui peningkatan kualitas dan efisiensi pekerja serta pengembangan sistem promosi yang lebih efektif. Dalam menghadapi ancaman, UD
sikaro perlu mempertahankan daya saing produk dan mengelola risiko fluktuasi harga bahan baku serta cuaca, implementasi ini diharapkan mampu meningkatkan loyalitas
pelanggan dan memastikan keberlanjutan usaha UD sikaro di desa jalajja.

Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Strategi Pengembangan usaha, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:34
Last Modified: 30 Sep 2025 03:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item
View Item