Fadila, Andini Nurul (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KOMPATIBILITAS DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Andini Nurul Fadia] Text (Skripsi Andini Nurul Fadia)
ANDINI NURUL FADIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kesesuaian, dan persepsi risiko terhadap niat menggunakan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia dalam transaksi e-commerce, dengan fokus pada
generasi milenial di Kota Palopo. Layanan mobile banking semakin menjadi kebutuhan dalam transaksi digital, khususnya bagi generasi muda yang aktif menggunakan teknologi untuk aktivitas keuangan sehari-hari. Namun, penerimaan layanan ini dipengaruhi oleh persepsi atas kualitas layanan, kesesuaian dengan kebutuhan pribadi, serta kekhawatiran akan risiko digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden, namun yang memenuhi kriteria hanya 85 responden sebagai generasi milenial dan pengguna layanan digital di Kota Palopo. Pengolahan data dilakukan menggunakan teknik Partial
Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kompabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan layanan mobile banking. Sebaliknya, persepsi risiko tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Hal
ini menunjukkan bahwa keinginan milenial untuk menggunakan layanan mobile banking lebih dipengaruhi oleh persepsi mereka terhadap kualitas dan kesesuaian
layanan, dibandingkan dengan kekhawatiran atas risiko yang mungkin terjadi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan adopsi layanan mobile banking syariah, perbankan perlu memperhatikan peningkatan
kualitas layanan dan menyesuaikan fitur aplikasi dengan gaya hidup serta nilainilai

pengguna, sementara pengelolaan risiko perlu dikomunikasikan secara positif agar tidak menurunkan kepercayaan yang telah terbentuk.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kompabilitas, Persepsi Risiko, Niat Penggunaan, Mobile Banking Syariah, Generasi Milenial, E-Commerce

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:02
Last Modified: 01 Oct 2025 01:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11451

Actions (login required)

View Item
View Item