Jannah, Miftahul (2025) TEACHING READING COMPREHENSION THROUGH ILLUSTRATED STORIES TO EIGHT GRADE STUDENTS OF SMPN 08 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
1902020076 Miftahul Jannah.pdf
Download (40MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan cerita bergambar dalam pengajaran pemahaman membaca untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di SMPN 08 Palopo. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan pendekatan satu kelompok, yaitu dan . Populasi penelitian terdiri dari 227 siswa kelas VIII yang tersebar di tujuh kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik . Peneliti menetapkan kelas VIII-2 sebagai sampel, yang
berjumlah 25 siswa. Tes membaca digunakan sebagai instrumen penelitian. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor rata-rata dan uji sampel berpasangan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata (61,4) secara signifikan lebih tinggi
dibandingkan skor pretes (38,4). Uji sampel berpasangan menunjukkan nilai -hitung sebesar 5,253, yang melebihi -tabel sebesar 2,064 pada taraf signifikansi 0,05 dengan 24 derajat kebebasan. Hal ini menunjukkan bahwa -hitung lebih besar daripada nilai -tabel, sehingga hipotesis alternatif (H1)
diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita bergambar efektif dan dapat direkomendasikan sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Kata Kunci: Cerita Bergambar, Pengajaran Membaca, Pemahaman Membaca, Pengajaran Media
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:41 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 06:41 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11564 |
