Nardho, Dhicky (2025) PERAN START UP DIGITAL BUSINESS DAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi MBS IAIN Palopo). Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Dhicky Nardho] Text (Skripsi Dhicky Nardho)
1904030196 Dhicky Nardho.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran Start Up Digital Business dan E- Commerce Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Studi Kasus Mahasiswa Program Studi MBS IAIN Palopo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran start up digital business dan e-commerce dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, karena data penelitianya bersifat deskriptif dengan kata lain, jenis penelitian ini berusaha untuk atau menggambarkan secara mendalam dari fenomena yang dikaji, dalam hal ini peneliti dapat melakukan pendekatan secara intens dengan informan agar memperoleh data yang faktual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemudahan akses teknologi dan jaringan dukungan, start up digital business dan e-commerce memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk memulai usaha dengan modal minimal dan risiko yang lebih rendah. Teknologi digital menyediakan alat dan platform yang mempermudah pelaksanaan ide bisnis secara efisien. Pentingnya dukungan sosial dan profesional, dukungan dari komunitas dan mentor berperan penting dalam memotivasi dan membantu mahasiswa dalam perjalanan wirausaha mereka. Komunitas aktif dapat memperluas wawasan dan memberikan dorongan yang diperlukan untuk memulai dan mengelola usaha. Mahasiswa yang berwirausaha cenderung mengalami peningkatan pendapatan seiring dengan pertumbuhan bisnis mereka. Pendapatan yang stabil
dapat memotivasi mereka untuk terus berinovasi dan mengembangkan usaha. Meningkatnya minat berwirausaha di kalangan mahasiswa dapat menyebabkan peningkatan jumlah pelanggan. Mahasiswa sering kali memiliki jaringan yang
luas di kalangan teman sebaya, yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Tingkat kepuasan pelanggan sangat penting bagi keberlanjutan bisnis.

Kata Kunci: Start Up Digital business, E-Commerce, Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.02 Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:51
Last Modified: 20 Oct 2025 06:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item
View Item