Wisdayanti, Wisdayanti (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. CITRA SARANA SEJAHTERA OPSAL PLAZA KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
2004030149 WISDAYANTI.pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas produk Terhadaap Kepusan Pelanggan pada PT. Citra Sarana Sejahtera Opsala Plaza Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Citra Sarana Sejahtera Opsal Plaza yang berlokasi di Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Citra Sarana Sejahtera Opsala Plaza Kota Palopo. Populasinya adalah pelanggan PT.
Citra Sarana Sejahtera Opsala Plaza Kota Palopo. Pengambilan sampel dilakukan dengan porposive sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus chocran. Berdasarkan rumus tersebut, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 96
pelanggan PT. Citra Sarana Sejahtera Opsala Plaza Kota Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas pelayanan maupun kualitas produk memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan yang mencakup kecepatan, keramahan, dan
responsivitas staf juga berperan penting dalam menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. Selain itu, kualitas produk yang baik, seperti daya tahan, desain, dan fungsi produk, berkontribusi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Secara keseluruhan, penelitian ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PT. Citra Sarana Sejahtera Opsal Plaza Kota Palopo perlu terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk serta pelayanan yang diberikan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi manajemen perusahaan dalam merumuskan strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas di masa mendatang.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.02 Manajemen Perusahaan |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:33 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:33 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11643 |
