ANALISIS MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMAN 5 LUWU DI MASA PANDEMI COVID-19)

HERLINA, HERLINA (2022) ANALISIS MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMAN 5 LUWU DI MASA PANDEMI COVID-19). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HERLINA.pdf] Text
HERLINA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Herlina, 2022, “Analisis Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik (Studi Kasus di SMAN 5 Luwu Di Masa Pandemi Covid�19)”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf, dan Sumardin
Raupu.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik (Studi Kasus di SMAN 5 Luwu di Masa Pandemi Covid-19).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen waktu peserta didik di
SMAN 5 Luwu pada masa pandemi Covid-19; untuk mengetahui hasil belajar
peserta didik di SMAN 5 Luwu di masa pandemi Covid-19; dan untuk
mengetahui pengaruh manajemen waktu secara signifikan terhadap hasil belajar
peserta didik di SMAN 5 Luwu di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini
menggunakan kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Adapun jumlah
populasi adalah seluruh peserta didik di SMAN 5 Luwu dengan jumlah sampel 84
peserta didik. Instrument penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi
sedangkan teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini untuk
mengolah data hasil, yaitu analisis statistik deskriptif dengan regresi linear
sederhana dengan bantuan program SPSS vers 22 for windows. Berdasarkan hasil
penelitian secara analisis bahwa manajemen waktu peserta didik di SMAN 5
Luwu di masa pandemi Covid-19 termasuk dalam kategori baik dengan jumlah
persentase 55%. Sedangkan hasil belajar peserta didik di SMAN 5 Luwu di masa
pandemi Covid-19 termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah persentase
54%. Selain itu, diperoleh Thitung sebesar 11,774 dan nilai Ttabel sebesar 1,663 atau
sama dengan 11,774>1,663 dan nilai signifikan manajemen waktu peserta didk
0,000<0,05 Artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diartikan
bahwa manajemen waktu terhadap hasil belajar peserta didik di SMAN 5 Luwu di
masa pandemi Covid-19 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, yaitu
sebesar 0,628 atau 62,8% sedangkan sisanya 37,2% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Manajemen Waktu, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:33
Last Modified: 20 Dec 2022 01:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5010

Actions (login required)

View Item View Item