PENGARUH DAYA SAING DAN PEMASARAN PRODUK DALAM PENINGKATAN LABA (STUDI PADA USAHA TAHU DI KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA)

ARAFAT, ALI (2020) PENGARUH DAYA SAING DAN PEMASARAN PRODUK DALAM PENINGKATAN LABA (STUDI PADA USAHA TAHU DI KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ALI ARAFAT.pdf] Text
ALI ARAFAT.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ali Arafat, 2020. “Pengaruh Daya Saing dan Pemasaran Produk dalam Peningkatan
Laba ( Studi Pada Usaha Tahu di Kecamatan Sukamaju Kabupaten
Luwu Utara)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo
Dibimbing oleh Rahmawati dan Muzayyanah Sabani.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah “Apakah daya saing, pemasaran dan
peran daya saing dan pemasaran memiliki pengaruh dalam peningkatan laba?”.
Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya saing,
pemasaran dan peran daya saing dan pemasaran dalam peningkatan laba. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data
primer. Penelitian ini dilakasanakan di Pabrik Tahu Sejahterah yang terletak di desa
Sukamaju kecamatan Sukamaju kab. Luwu Utara provinsi Sulawesi Selatan.
Memiliki tiga hipotesis yaitu H1 = Daya saing memiliki pengaruh terhadap
peningkatan laba, H2 = Pemasaran produk memiliki pengaruh terhadap peningkatan
laba, H3 = Peran daya dan pemasaran produk memiliki pengaruh terhadap
peningkatan laba. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan (1) Hasil pengujian regresi
untuk variabel daya saing terhadap peningkatan laba menunjukkan nilai t hitung =
0,047 dengan nilai signifikasi 0.030. dengan demikian nilai sig. < probabilitas 0.05.
sehingga dapat disimpulkan bahwa daya saing berperan dalam peningkatan laba. Hal
ini menunjukkan bila semakin rendah daya saing maka semakin tinggi peningkatan
laba sebesar 0,063 (2) Hasil pengujian regresi untuk variabel pemasaran terhadap
peningkatan laba menunjukkan nilai t hitung = 3.597 dengan signifikansi 0.001
Dengan menggunakan batas signifikasi 0.05, dengan demikian nilai sig. <
probabilitas 0.05. sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran berperan dalam
peningkatan laba. Hal ini menunjukkan bila semakin bagus tingkat pemasaran maka
semakin tinggi peningkatan laba sebesar 0,468 (3)Hasil pengujian model regresi
untuk keseluruhan variabel menunjukkan nilai F hitung = 8.393 dengan signifikansi
0.001b Dengan menggunakan batas signifikansi 0.05, nilai signifikansi tersebut lebih
kecil dari 0.05. Dengan arah koefisien positif, dengan demikian diperoleh bahwa
hipotesis yang menyatakan bahwa daya saing dan pemasaran produk secara bersama�sama memiliki peran secara signifikan terhadap peningkatan laba.
Kata Kunci : Daya Saing, Pemasaran Produk, Peningkatan Laba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:41
Last Modified: 16 Jan 2023 00:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item View Item