PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR TIGA DIMENSI TERINTEGRASI BAHAN-BAHAN LOKAL PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI KELAS III SDN 92 KARETAN

DAHLIA, DAHLIA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR TIGA DIMENSI TERINTEGRASI BAHAN-BAHAN LOKAL PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI KELAS III SDN 92 KARETAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsii DAHLIA UT REVISI FIX BANGET.pdf] Text
Skripsii DAHLIA UT REVISI FIX BANGET.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dahlia, 2022.“Pengembangan MediaMiniatur Tiga DimensiTerintegrasi Bahan-
Bahan Lokal pada Materi Lingkungan Alam dan Buatan di Kelas
III SDN 92 Karetan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr.Baderiah M.Ag.
dan Hj. Nursaeni, S.Ag., M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan mediaminiatur tiga dimensi
terintegrasi bahan-bahanlokal. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
R&D (Research and Development) dilakukan di kelas III SDN 92 Karetan dengan
menggunakan beberapa instrumen analisis kebutuhan yaitu: wawancara guru,
angket peserta didik, dan tes. Untuk menghasilkan produk pengembangan media
miniatur tiga dimensi, peneliti mengacu pada modelADDIE dengan lima langkah
pengembanganyaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation, namun pada penelitian kali ini peneliti hanya melakukan penelitian
sampai pada tahap implementation. Untuk mengetahui kelayakan produk, media
yang sudah jadi selanjutnya akan divalidasi oleh beberapa para ahli di antaranya:
ahli materi, ahli bahasa, dan ahlidesign. Hasil dari validasi selanjutnya dianalisis
untuk mengetahui kevalidan dari produk yang sudah dibuat,hasil dibuktikan
dengan nilai dari ahli materi 90%, nilai dari ahli bahasa 93,75%, dan nilai dari ahli
desain 98%. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan diketahui bahwa
terdapat 7 poin ada 4 yang bernilai baik dengan presentase 75% serta 3 bernilai
sangat praktis dengan presentase 100%. Total dari keseluruhan bernilai sangat
praktis dengan presentase 89,28%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
setelah melalui tahapan validasi dari beberapa para ahli, media ini sudah layak
digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Media pembelajaran, Lokal, model ADDIE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 02 Mar 2023 00:50
Last Modified: 02 Mar 2023 00:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5594

Actions (login required)

View Item View Item