KHAERUNNISA, KHAERUNNISA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA TEMA SELAMATKAN MAHLUK HIDUP BERBASISAYAT -AYATAL QUR’AN PADA SISWA KELAS VI UPT SDN 174 PETTA MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
KHAERUNNISA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
KHAERUNNISA, 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa tema Selamatkan
Mahluk Hidup Berbasis Ayat-ayat Al-Qur‟an pada Siswa Kelas
IV UPT SDN 174 Petta Malangke”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Faklutas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Mardi Takwim dan Nur Rahmah.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar cetak berupa
Lembar Kerja Siswa berbasis Ayat-ayat Al-Qur‟an tema selamatkan makhluk
hidup pada siswa kelas VI UPT SD Negeri 174 Petta Malangke. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu; bagaimana analisis kebutuhan Lembar Kerja
Siswa berbasis Ayat-ayat Al-Qur‟an; bagaimana rancangan produk Lembar Kerja
Siswa berbasis Ayat-ayat Al-Qur‟an; bagaimana validitas, praktikalitas dan
efektivitas Lembar Kerjas Siswa berbasis Ayat-ayat Al-Qur‟an. Penelitian ini
bertujuan: Untuk mengetahui analisis kebutuhan Lembar Kerja Siswa berbasis
Ayat-ayat Al-Qur‟an; untuk mengetahui rancangan Lembar Kerja Siswa berbasis
Ayat-ayat Al-Qur‟an; untuk mengetahui hasil validitas dan praktikalitas Lembar
Kerja Siswa berbasis Ayat-ayat Al-Qur‟an.
Penelitian ini berjenis Research and Devolopment (R&D) atau biasa
disebut penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang
terdiri atas empat tahap yakni (1) tahap Analysis, (2) tahap Design, (3) tahap
Devolopmen, (4) tahap Implementation, (5) tahap evaluation. Penelitian ini
dilaksanakan di UPT SD Negeri 174 Petta Malangke, dan yang bertindak sebagai
subjek pada penelitian yakni siswa (i) kelas VI SD Negeri 174 Petta Malangke
yang berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen berupa lembar wawancara dan angket siswa yang dijabarkan dengan
analsis statistik deskriptif. sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus
liker‟s.
Hasil penelitian menunjukan hasil validitas oleh ahi bahasa 75% dengan
kategori cukup valid, hasil validitas oleh ahli materi 83,33% dengan kategori
cukup valid, dan hasil validitas oleh ahli keagaaman/tafsir Ayat-ayat Al-Qur‟an
85% dengan kategori cukup valid. Sedangkan untuk hasil penelitian pada uji coba
produk untuk mengetahui tingkat praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar
85,33% (sangat praktis) dan hasil uji efektivitas sebesar 90% (Sangat Efektif).
Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar cetak berupa Lembar
kerja Siswa berbasis Ayat-ayat Al-Qur‟an tema selamatkan makhluk hidup pada
siswa kelas VI UPT SD Negeri 174 Petta Malangke dapat dikatakan valid dan
layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa Berbasis Ayat-ayat Al�Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 01:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 01:13 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5660 |
Actions (login required)
View Item |