Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab

Naidin Syamsuddin (2021) Model-Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10 (3). ISSN 2798-5121

[thumbnail of 6.-naidin-247-254.pdf] Text
6.-naidin-247-254.pdf - Published Version

Download (331kB)

Abstract

Fenomena aktual yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini yakni adanya perbedaan persepsi mengenai istilah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan konsep yang amat penting dalam dunia pendidikan. Meskipun media pembelajaran memiliki peranan penting, namun saat ini adanya perbedaan persepsi terkait media pembelajaran menjadi salah satu permasalahan krusial di dunia pendidikan Indonesia. Perbedaan persepsi tersebut mengakibatkan munculnya pemahaman keliru terkait media pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka menghindari miskonsepsi media pembelajaran yakni melakukan pendalaman mengenai konsep media pembelajaran di kalangan ilmuwan pendidikan. Dari informasi yang disajikan pada bagian pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa model merupakan serangakian aktivitas atau kegiatan yang di dalamnya terdapat prosedur kerja, aturan dan pola pikir yang sistematis guna menghasilkan atau mencapai tujuan maksimal. Sedangkan pengembangan diartikan sebagai konsep dalam proses menciptakan dan mengelola segala media dan teknologi dalam rangka memaksimalkan proses pembelajaran. Model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Model ASSURE, Model PIE, Model Roblyer, dan Model Hannafiin dan Peck.Kata-kataKunci:media, teknologi, pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syamsiar Guntur
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:17
Last Modified: 11 Sep 2024 03:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5876

Actions (login required)

View Item View Item