Pengembangan Teknologi Cetak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Naidin Syamsuddin (2021) Pengembangan Teknologi Cetak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education, 4 (1). pp. 35-44. ISSN 2622-6006

[thumbnail of Jurnal Naidin 1.pdf] Text
Jurnal Naidin 1.pdf - Published Version

Download (450kB)

Abstract

Permasalahan krusial yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa arab yaitu keterbatasan media yang ada atau dengan kata lain keterbatasan dalam menyediakan media pembelajaran bahasa arab. Problematika tersebut menyebabkan rendahnya minat dan motivasi belajar bahasa arab peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab peserta didik yakni dengan
melakukan sistem pembelajaran yang menarik. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan yakni pengembangan teknologi cetak dalam pembelajaran bahasa arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan teknologi cetak atau
bahan cetak dalam pembelajaran bahasa arab. Adapun hasil pembahasan penelitian
ini yaitu model teknologi cetak yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa
arab meliputi buku teks, artikel ilmiah, lembar kerja siswa, modul pembelajaran dan
komik. Teknologi cetak tersebut memiliki peranan esensial dalam meningkatkan pembelajaran bahasa arab. Implikasi dari penelitian ini yaitu tenaga pendidik dapat melakukan inovasi penyajian teknologi cetak atau bahan cetak pembelajaran bahasa arab sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Inovasi teknologi cetak pembelajaran bahasa arab tersebut disesuaikan kebutuhan peserta
didik.
Kata Kunci : Teknologi Cetak , Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syamsiar Guntur
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:38
Last Modified: 11 Sep 2024 03:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5877

Actions (login required)

View Item View Item