LAPORAN PENELITIAN:PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INGRRIS BERBASIS KONTEN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA SMP DI YAYASAN ANNUR TIMUR LESTE : SEBUAH IMPLEMENTASI KERJASAMA INTERNASIONAL IAIN PALOPO

Mappile, Ria Warda and Yahya, Amalia (2022) LAPORAN PENELITIAN:PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INGRRIS BERBASIS KONTEN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA SMP DI YAYASAN ANNUR TIMUR LESTE : SEBUAH IMPLEMENTASI KERJASAMA INTERNASIONAL IAIN PALOPO.

[thumbnail of LAPORAN AKHIR  TIMOR LESTE RIA WARDA & AMALIA.pdf] Text
LAPORAN AKHIR TIMOR LESTE RIA WARDA & AMALIA.pdf

Download (501kB)

Abstract

RINGKASAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan pembelajaran yang
layak berdasarkan kebutuhan pembelajaran dan kebutuhan target siswa SMP
Annur dalam belajar bahasa Inggris.dan mempunyai konten penguatan nilai�nilai pengetahuan dasar Islam yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk
menunjang mutu kompetensi bahasa Inggris dan sekaligus penguatan
pengetahuan dasar Islam siswa. Rumusan Masalah penelitian ini yaitu:
Bagaimana profil bahan ajar bahasa Inggris yang valid, praktis dan efektif
yang dapat digunakan saat pembelajaran di SMP Annur Timor Leste yang
mempunyai konten penguatan nilai-nilai dan pengetahuan dasar Islam
yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa untuk menunjang mutu
kompetensi bahasa Inggris dan sekaligus penguatan pengetahuan dasar
Islam siswa?. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode
Research and Development (R&D) dilakukan dengan menggunakan
model desain ADDIE yaitu Analyze (Need Analysis), Design, Develop,
Implement, Evaluate yang telah dimodifikasi dengan model desain
pendekatan pembelajaran ESP yang dikemukakan oleh Hutchinson dan
Waters (2008). Model ini telah disederhanakan menjadi proses desain
terdiri 6 proses: Analisis kebutuhan, pengembangan materi, validasi ahli,
revisi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Berdasarkan hasil
analisis kebutuhan melalui kuesioner dan wawancara maka bahan ajar
yang dikembangkan adalah berupa buku bahan ajar Bahasa Inggris yang
menunjang pengetahuan agama islam di SMP Annuur Timor Leste. Buku
ini terdiri dari enam unit, yaitu: (1) I am a moslem students (2) The First
Pillar of Islam : Syahadatain (3) The Second Pillar of Islam: Shalat (4) The
Third Pillar of Islam: Zakat (5) The Fourth Pillar of Islam: Fasting (6) The
Fifth Pillar of Islam: Hajj. Setiap unit yang dikembangkan pada bahan ajar
bahasa Inggris untuk siswa SMP Annuur. Dalam proses pembelajaran
mahasiswa mengerjakan tugas yang menyenangkan seperti Puzzling,
Rearranging, Matching and Ordering activities. Media yang digunakan
dalam materi ini adalah gambar, tulisan dan menggunakan aplikasi
whattsup dalam ponsel genggam/ gadget mahasiswa. Mereka
mendapatkan penguatan Bahasa Inggris Istilah Islami. Materi ini dapat
menjadi penguatan kosakata siswa dan dapat menjadi sarana penguatan
pengetahuan agama siswa yang 50 persen adalah muallaf.
Kata Kunci: English for Specific Purpose, Islamic Education

Item Type: Article
Subjects: 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 420 Bahasa Inggris
Divisions: Unit Pelaksana Teknis > Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 02 May 2023 23:55
Last Modified: 03 May 2023 00:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item