STRATEGI PEMASARAN BIBIT CENGKEH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA MALELA KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU

Fitriani, Rati (2018) STRATEGI PEMASARAN BIBIT CENGKEH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA MALELA KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Rati Fitriani.pdf] Text
Rati Fitriani.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : RATI FITRIANI
Nim : 14.16.4.0115
Judul : Strategi Pemasaran Bibit Cengkeh dalam Meningkatkan
Pendapatan Masyarakat di Desa Malela Kac. Suli Kab. Luwu.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Pendapatan

Penelitian ini membahas tentang, strategi pemasaran bibit cengkeh di desa
malela untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Rumusan msalah dalam
penelitian ini adalah: 1. Bagaimana strategi pemasaran bibit cengkeh dalam
meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Malela Kec. Suli Kab. Luwu. 2.
Bagaimana bentuk analisis SWOT yang dilakukan dalam penjualan bibit cengkeh
untuk meningkatkan pendapatan Masyarakat di Desa Malela Kec. Suli Kab.
Luwu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengathui strategi penjualan bibit
cengkeh dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Malela Kec. Suli
Kab. Luwu dan untuk mengetahui bentuk analisis SWOT dalam meningkatkan
pendapatan masyarakat di Desa Malela Kec. Suli Kab. Luwu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu data
yang didapat dari tangan pertama, yakni hasil data dari petani cengkeh masyarakat
yang menggantungkan hidup dan bekerja pada pembudidayaan bibit cengkeh di
Kec. Suli, data sekunder yaitu merupakan data pendukung yang didapat dari buku,
jurnal, dan kantor dinas di Desa Malela Kec. Suli Kab. Luwu yang terkait dengan
penelitiaan ini.
Hasil penelitian menujukan bahwa strategi pemasaran bibit cengkeh dalam
meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Malela Kec. Suli Kab. Luwu
adalah strategi pemasaran bibit cengkeh dalam meningkatkan pendapatan
masyarakat di Desa Malela Kec. Suli Kab. Luwu yaitu : strategi produk, strategi
harga, strategi distribusi, strategi promosi dan bentuk analisis SWOT yang
dilakukan dalam penjualan bibit cengkeh yaitu kekuatan ( Strenght ), kelemahan
(Weakness), peluang (opportunities ), dan ancaman ( Threats ). Saran untuk petani
Perlu di tindak lanjut dari masyarakat petani bibit cengkeh di Desa Malela Kec.
Suli Kab. Luwu untuk terus berupaya meningkatkan hasil pendapatan dari usaha
taninya dan untuk pemerintah setempat Perlu dilakukan penyuluhan agar lebih
intensif dalam memberikan informasi-informasi terbaru mengenai bibit-bibit yang
unggul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 29 May 2023 07:03
Last Modified: 29 May 2023 07:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item