Syair, ST. Patima (2010) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN NO. 309 UJUNG BASSIANG KEC. PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
St. Patima Syair.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Syair, ST. Patima, 2010. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar
Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN No. 309
Ujung Bassiang Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs.
Syamsu Sanusi, M.Pd.I., dan Pembimbing (II) Drs. Baso Hasyim, M.Sos.I.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam,
SDN No. 309 Ujung Bassiang
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN No. 309 Ujung
Bassiang Kec. Ponrang Selatan Kab. Luwu, di mana penelitian ini memadukan
berbagai macam metode dalam penelitian dikaji dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dan pada saat penelitian dilakukan para responden memiliki
persepsi, penghayatan, pengalaman dan penilaian tertentu yang merefleksikan
persepsi tersebut terhadap semua aspek kegiatan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengumpulkan berbagai macam alternatif jawaban dari objek yang dikaji, yakni 1).
Observasi, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan di lapangan dengan jalan
pengamatan dan pencatatan. 2). Interview, yaitu suatu teknik pengumpulan data
dengan jalan mengadakan wawancara atau tanya jawab kepada pihak-pihak yang
terkait sebagai informan di dalam memberi data. 3). Angket, yaitu teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau
pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Kemudian selanjutnya
keseluruhan data tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dan
diolah secara kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel sederhana kemudian hasil
olahan tersebut dijadikan acuan dasar untuk menganalisa secara kualitatif terhadap
suatu permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya dan memberikan gambaran
mengenai pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar anak dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasil analisis berbentuk tabel frekuensi
dan tabel persentase.
Hasil penelitian ini menggambarkan keberhasilan belajar siswa dalam
menciptakan kondisi belajar yang efektif dengan melibatkan siswa secara aktif
sebagai salah satu upaya untuk menciptakan komunikasi edukatif (komunikasi),
kemudian mampu menarik minat dan perhatian siswa, yang pada dasarnya tidak ada
belajar tanpa keaktifan siswa, sedangkan keaktifan siswa akan muncul dengan
sendirinya, serta guru mampu membangkitkan motivasi siswa baik akibat pengaruh
dari luar ataupun dari dalam pribadi siswa sendiri.
Peranan guru dalam membimbing siswa dalam peningkatan prestasi belajar
siswa tentunya terletak dari kemampuan memotivasi, mendorong, membimbing dan
memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:53 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:53 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6577 |
Actions (login required)
View Item |