Burhanuddin, Nur Hasni (2018) STRATEGI PEMASARAN MAKANAN KHAS TRADISIONAL DI KECAMATAN WOTU (Studi Kasus Rumah Makan Satria). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nur Hasni Burhanuddin.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
NUR HASNI BURHANUDDIN, 2018. Strategi Pemasaran Makanan Khas
Tradisional di Kecamatan Wotu (Studi Kasus Rumah Makan
Satria). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan
Ekonomi Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Pembimbing (I). Dr. Rahmawati, M.Ag. pembimbing (II).
Hendra Safri, SE., M.M.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Makanan Khas Tradisional
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran makanan khas tradisional
pada Rumah Makan Satria di Kecamatan Wotu. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimana strategi pemasaran makanan khas tradisional pada Rumah
Makan Satria di Kecamatan Wotu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
pemasaran makanan khas tradisional pada Rumah Makan Satria di Kecamatan Wotu.
Untuk memperoleh data, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu
suatu proses kegiatan usaha dengan mengungkapkan uraian, argumen serta keadaan
tertentu. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data
primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh
langsung dari pimpinan Rumah Makan Satria. Sumber data ini berasal dari data yang
diperoleh melalui hasil wawancara terhadap informan yang memiliki pengetahuan
mengenai penelitian ini. Sedangkan data sekunder adalah data yang memberikan
keterangan tambahan tentang penelitian.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran makanan khas
tradisional pada Rumah Makan Satria di Kecamatan Wotu menerapkan lima strategi
yaitu strategi produk, strategi harga, strategi kebersihan, strategi promosi dan strategi
pengantaran. Strategi produk yang digunakan yaitu dengan menyediakan makanan
khas tradisional yang ada di Kecamatan Wotu. Strategi harga yang digunakan yaitu
dengan menerapkan harga yang terjangkau bagi masyarakat pada umumnya. Strategi
kebersihan yang diterapkan yaitu dengan menerapkan kebersihan pada area rumah
makan dan makanan khas tradisional itu sendiri. Strategi promosi yang digunakan
yaitu dengan cara pendekatan kepada masyarakat ataupun pelanggan. Strategi
pengantaran yang diterapkan yaitu dengan cara mengantarkan secara langsung
pesanan kerumah pelanggan dengan cara yang baik. Dari kelima strategi tersebut
dikatakan mampu dalam meningkatkan pendapatan pada Rumah Makan Satria.
Dengan adanya strategi pemasaran maka permintaan produk akan lebih banyak
sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba, pemasaran produk yang baik pula
akan menghasilkan konsumen baru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 23:49 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 23:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6742 |
Actions (login required)
View Item |