LESTARI, RIDHA (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
RIDHA LESTARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ridha Lestari, 2018. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMK Negeri 2 Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh H. Syamsu Sanusi dan Taqwa.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMK Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan:
Untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMK Negeri 2 Palopo, untuk
mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kenakalan siswa di SMK Negeri 2
Palopo dan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam
menanggulangi kenakalan siswa di SMK Negeri 2 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik wawancara, kemudian teknik observasi
dan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Data yang telah terkumpul diuji
keabsahannya dengan teknik triangulasi teknik, teknik triangulasi sumber, dan teknik
triangulasi waktu. Dianilisis dengan teknik reduksi data, pengajian data, dan
verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa yang
terjadi di SMK Negeri 2 Palopo yaitu merokok, berkelahi/tawuran, bolos sekolah,
tidak patuh pada guru, bicara kotor/kasar, mencuri, dan berbohong. Adapun faktor�faktor yang memengaruhi kenakalan siswa adalah faktor keluarga, sekolah dan
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Strategi yang dilakukan oleh guru
Pendidikan Agama Islam terhadap permasalahan kenakalan siswa yaitu dilakukan
guru Pendidikan Agama Islam bekerjasama dengan orang tua/wali siswa dan usaha
yang dilakukan dengan tiga tahap. Pertama, usaha preventif yang sifatnya mencegah
terjadinya kenakalan seperti sosialisasi, motivasi, ceramah, menasehati dan
memanggil orang tua/wali siswa yang bersangkutan. Kedua, usaha kuratif yang
merupakan penyembuhan dalam menanggulangi kenakalan siswa seperti mengadakan
pendekatan langsung kepada siswa yang bermasalah dan menekankan pembinaan
moral. Ketiga, teguran lisan (secara langsung) meliputi nasehat, sedangkan teguran
tulisan (tidak langsung) meliputi surat peringatan dan drop out.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kenakalan Siswa, Perilaku Peserta Didik, Hubungan
Sekolah dan Lingkungan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:00 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7195 |
Actions (login required)
View Item |