FATMA, FATMA (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGGUNAKAN E-MODUL INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
FATMA PAI 2019.PDF Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fatma, 2023.
“Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam
Menggunakan E-Modul Interaktif Pada Peserta Didik Kelas VIII
Di SMP Negeri 4 Bajo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Kaharuddin,
M.Pd.I dan Dr. Dodi Ilham, S.Ud., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Dalam Menggunakan E-Modul Interaktif Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP
Negeri 4 Bajo. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui strategi pembelajaran
pendidikan agama Islam dalam menggunakan e-modul interaktif pada peserta didik
kelas VIII di SMP Negeri 4 Bajo. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat
strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menggunakan e-modul
interaktif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Bajo. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menggunakan e�modul interaktif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Bajo adalah
menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran yang
digunakan adalah media modul elektronik yang didalamnya terdapat materi-materi
serta soal-soal mengenai makanan dan minuman yang halal dan haram. 2) Faktor
pendukung dalam strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam
menggunakan e-modul interaktif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4
Bajo adalah minat peserta didik dalam belajar cukup bagus, adanya media
pembelajaran, serta fasilitas Lcd proyektor yang disediakan pihak sekolah. Adapun
yang menjadi faktor penghambatnya adalah kesiapan belajar peserta didik kurang
dan sering terjadi pemadaman listrik.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Modul Elektronik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 06:43 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 06:43 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7746 |
Actions (login required)
View Item |