Adrian, Ferry (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH EFEKTIF DI UPT SMPN 3 BAEBUNTA KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
FERRY ADRIAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ferry Adrian,2023. “Strategi Pengembangan Sekolah Efektif di UPT SMP
Negeri 3 Baebunta Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud
dan Firman Patawari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1. Wujud pengembangan sekolah
efektif di UPT SMP Negeri 3 Baebunta Kabupaten Luwu Utara, 2. Faktor
internal dan eksternal yang berkontribusi dalam pengembangan sekolah efektif di
UPT SMP Negeri 3 Baebunta Kabupaten Luwu Utara, 3. Strategi pengembangan
sekolah efektif di UPT SMP Negeri 3 Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru. Adapun langkah menganalisis data
dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Wujud pengembangan sekolah efektif di
UPT SMPN 3 Baebunta Kabupaten Luwu Utara yaitu sekolah telah menerapkan
sistem yang ideal seperti komunikasi yang terbuka, pengambilan keputusan
dilakukan secara bersama, memperhatikan kebutuhan guru dan peserta didik, serta
keterpaduan antara sekolah dan masyarakat, 2. Faktor internal di antaranya, Harus
memiliki sarana prasarana yang baik agar dalam proses pembelajaran menjadi
nyaman, tenaga pendidik yang handal dan professional, serta peserta didik yang
memiliki banyak prestasi yang diraih. Adapun faktor eksternal seperti perilaku
sekolah terhadap orang tua siswa atau masyarakat sekitar, membangun relasi yang
baik dengan pemerintah daerah, serta senantiasa membangun harmonisasi kepada
pihak-pihak yang ingin membantu sekolah menjadi maju dan unggul, 3. 1)
mengimplementasikan visi dan misi yang jelas, 2) memiliki kepala sekolah yang
visioner, 3) meningkatkan kualitas guru dalam mendesain pembelajaran, 4)
memiliki sekolah yang kondusif untuk belajar, 5) pendidik dan tenaga pendidik
sekolah ramah terhadap peserta didik, 6) manajemen sekolah yang kuat, 7)
memiliki sekolah yang luas dan berimbang, 8) melakukan penilaian dan pelaporan
peserta didik yang bermakna, 9) tinggi dalam melibatkan masyarakat untuk ikut
serta mengelola sekolah.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Sekolah Efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 01:26 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 00:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7783 |
Actions (login required)
View Item |