PRATIWI, WINDA AYU (2023) PENGARUH IKLAN DAN SISTEM CASH ON DELIVERY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Winda Ayu Pratiwi Skripsi.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Winda Ayu Pratiwi. 2023. “Pengaruh Iklan dan Sistem Cash On Delivery
(COD) terhadap Keputusan Pembelian Produk pada E-Commerce Tiktok
Shop (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Palopo)”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Arsyad L,s.si., M.Si.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh Iklan terhadap
Keputusan Pembelian secara parsial, untuk mengetahui pengaruh Cash On
delivery (COD) terhadap Keputusan Pembelian secara parsial dan untuk
mengetahui pengaruh Iklan dan Cash On Delivery (COD) terhadap Keputusan
Pembelian secara simultan, sebagaimana trend belanja online pada E-Commerce
Tiktok Shop membuat mahasiswa tertarik membeli suatu produk karena banyak
digunakan influencer atau pengguna Tiktok yang menurutnya sedang trend.
Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif untuk mengkaji Iklan dan Cash On
Delivery (COD) terhadap Keputusan Pembelian. Populasinya adalah Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo Angkatan 2019 dan 2020
dengan jumlah 1.393 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Accidental Sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin. Sampel
yang digunakan sebanyak 93 mahasiswa. Data diperoleh melalui observasi dan
kuesioner. Selanjutnya, data penelitian ini diolah dengan analisis regresi berganda,
uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel Iklan (X1) berpengaruh
positif signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) pada E-Commerce Tiktok
Shop, variabel Cash On delivery (COD) (X2) berpengaruh positif signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada E-Commerce Tiktok Shop. Iklan dan
Cash On Delivery (COD) (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan
Pembelian (Y) pada E-Commerce Tiktok Shop. Adapun Iklan (X1) dan Cash On
Delivery (COD) (X2) dalam menjelaskan perubahan pada Keputusan Pembelian
(Y) pada E-commerce Tiktok Shop yaitu sebesar 71,9%. Adapun 28,1%
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
Kata Kunci: Iklan, Cash On Delivery, E-Commerce, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.56 Manajemen Analisa Produk |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 01:18 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 01:18 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7896 |
Actions (login required)
View Item |