EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DNR BASED�INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 LUWU TIMUR

PAHRANI, RARA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DNR BASED�INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 LUWU TIMUR. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran DNR-based instruction
dalam meningkatkan penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMAN 3 Luwu Timur. penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penalaran matematis siswa yang tidak memperoleh pembelajaran
dengan model pembelajaran DNR-based instruction dan yang memperoleh pembelajaran dengan
model pembelajaran DNR-based instruction. penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
keefektifan pembelajaran dengan model DNR-Based Instruction terhadap peningkatan penalaran
matematis siswa kelas XI IPA SMAN 3 Luwu Timur.Penelitian ini menggunakan desain penelitian
true eksperimen dengan tipe pre-test and post-test control group design. Populasinya adalah seluruh
siswa kelas XI IPA SMAN 3 Luwu Timur yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 147 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel
74 orang siswa. Data diperoleh melalui lembar tes dan lembar observasi. Data dianalisis
menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial.Hasil test siswa dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa kelas XI IPA SMAN 3 Luwu Timur sebelum
menerapkan model pembelajaran DNR-Based Instruction menunjukkan hasil rata-rata dengan nilai
44,27 yang tergolong sangat rendah. Namun, setelah menerapkan model pembelajaran DNR-Based
Instruction, nilai rata-rata tersebut naik menjadi 94,9 dan dapat diklasifikasikan dalam kategori
tinggi. Model pembelajaran DNR-Based Instruction terbukti efektif untuk meningkatkan penalaran
matematis siswa kelas XI SMAN 3 Luwu Timur. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan
penalaran siswa lebih tinggi setelah menerapkan model DNR-Based Instruction dibandingkan
dengan nilai rata-rata kemampuan penalaran siswa sebelum menerapkan pendekatan tersebut.
Kata kunci: Efektivitas, Model DNR-Based Instruction, Penalaran Matemati

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sainuddin sako
Date Deposited: 07 Feb 2024 05:49
Last Modified: 07 Feb 2024 05:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8264

Actions (login required)

View Item View Item