PENGARUH IMPLEMENTASI MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Muamalat Palopo)

HAKMIN, ANDI (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Muamalat Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANDI HAKMIN.pdf] Text
ANDI HAKMIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
xxiv
Andi Hakmin, 2022. Pengaruh Implementasi Marketing Mix terhadap Keputusan
Nasabah dalam Memilih Produk Tabungan Perbankan Syariah (Studi
Kasus pada Bank Muamalat Kota Palopo). Skripsi, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing:
Dr.Takdir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar
pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk
tabungan perbankan syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah para nasabah Bank Muamalat
Kota Palopo berjumlah 100 orang yang ditentukan menggunakan rumus slovin.
Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability
sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan
untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah analisis linear berganda. Alat
analisis yang digunakan untuk membantu penelitian ini adalah SPSS versi 24.
Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa secara parsial variabel Marketing Mix
Produk (X1) Lokasi (X3) dan Promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah (Y). Sedangkan variabel Harga (X2) tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan nasabah. Namun, secara bersama-sama variabel
marketing mix 4P berpengaruh secara positif dan simultan terhadap keputusan
nasabah (Y). Hal ini ditunjukkan melalaui hasil uji hipotesis (uji-f) yang telah
dilakukan, dimana f-hitung > dari f-tabel (32.147 > 2.467) Dengan tingkat
signifikansi lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0,05). Pada tabel uji-R
2
atau R Square,
diketahui bahwa variabel X memengaruhi variabel Y sebesar 57,5% maka
terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan nasabah sebesar 42,5%
yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Keputusan Nasabah, Marketing Mix

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.8 Marketing, Manajemen Distribusi
800 Kesusastraan > 801.2 Nilai-nilai dan Pengaruh Kesusastraan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: wahidin
Date Deposited: 10 Feb 2024 01:59
Last Modified: 10 Feb 2024 01:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8273

Actions (login required)

View Item View Item