FEAR OF MISSING OUT DAN ADIKSI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM)

VERAWATI, VERAWATI (2024) FEAR OF MISSING OUT DAN ADIKSI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Verawati skripsi REPOSITORY.pdf] Text
Verawati skripsi REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Verawati, 2024. “Fear of Missing Out dan Adiksi Media Sosial (Studi Kasus
pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam)”. Skripsi Program
Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab, dan
Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Aswan dan
Jumriani
Skripsi ini membahas tentang fenomena Fear of Missing Out dan adiksi media
sosial pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Penelitian ini
bertujuan: 1) untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk Fear of Missing Out dan
adiksi media sosial pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2) untuk
mengetahui dampak perilaku Fear of Missing Out dan adiksi media sosial pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jenis penelitian menggunakan
kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Lokasi yang dipilih kampus
IAIN Palopo, waktu penelitian yaitu pada bulan Agustus sampai September 2023,
objek yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang cenderung
bermain media sosial. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa, objek yang diteliti
mengalami Fear of Missing Out dan adiksi terhadap media sosial, Adapun bentuk-
bentuk Fear of Missing Out yaitu: pertama, kecenderungan mereka untuk selalu
up to date di media sosial. Kedua, keinginan untuk selalu terhubung dengan orang
lain di media sosial. Bentuk-bentuk adiksi yaitu: pertama, intensitas penggunan
media sosial yang tinggi. Kedua, mengharuskan dirinya untuk selalu membuka
media sosial walau tanpa kepentingan. Dampak yang dihasilkan dari Fear of
Missing Out yaitu: individu selalu membuat panggung pertunjukan sendiri dan
individu selalu memaksakan diri berpartisipasi dalam semua kegiatan di media
sosial. Dampak adiksi media sosial yaitu, menjadi anti sosial karena seringnya
membuka media sosial dari pada bersosialisasi dengan masyarakat.
Kata kunci: Fear of Missing Out, Media Sosial, Mahasiswa, Adiksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 348.04 Kasus Pengadilan, Perkara Pengadilan
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Feb 2024 00:46
Last Modified: 27 Feb 2024 00:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

View Item View Item