EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA KELAS II SD NEGERI 277 SAMBIREJO KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU

AMBARWATI, AMBARWATI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA KELAS II SD NEGERI 277 SAMBIREJO KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of SKRIPSI AMBARWATI (PGMI 19) REPOSITORY.pdf] Text
SKRIPSI AMBARWATI (PGMI 19) REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ambarwati, 2021. “Efektivitas Penggunaan Ice Breaking dalam Pembelajaran
Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah pada Kelas II SD Negeri
277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baderiah
dan Lilis Suryani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) aktivitas siswa pada
kelompok intervensi dengan menggunakan ice breaking, 2) aktivitas siswa pada
kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung 3) hasil
pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok
intervensi dengan menggunakan ice breaking, 4) hasil pembelajaran penjumlahan
dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol dengan
menggunakan pembelajaran langsung, 5) efektivitas penggunaan ice breaking
dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design. Lokasi
penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 277 Sambirejo, Kecamatan Lamasi,
Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa yang berada di Kelas II SD Negeri 277 Sambirejo pada kelas IIA
dan kelas IIB. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik total sampling
dengan jumlah sampel pada kelas IIA dan kelas IIB. Instrumen penelitian yang
digunakan yakni test, observasi dan dengan menggunakan analisis uji Mann
Whitney dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas siswa pada kelompok
intervensi dengan menggunakan ice breaking diperoleh hasil yang baik, 2)
aktivitas siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran
langsung diperoleh hasil yang kurang, 3) hasil pembelajaran penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok intervensi dengan
menggunakan ice breaking diperoleh hasil yang sedang, 4) hasil pembelajaran
penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol
dengan menggunakan pembelajaran langsung diperoleh hasil yang rendah, 5)
penggunaan ice breaking efektif dalam pembelajaran penjumlahan dan
pengurangan bilangan cacah pada Kelas II SD Negeri 277 Sambirejo Kecamatan
Lamasi Kabupaten Luwu dibandingkan pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Ice Breaking, Penjumlahan, Pengurangan, Bilangan Cacah
xxiii
ABSTRACT
Ambarwati, 2021. “Effectiveness of Using Ice Breaking in Learning Addition and
Subtraction of Whole Numbers in Class II of SD Negeri 277 Sambirejo,
Lamasi District, Luwu Regency”. A Thesis Madrasah Ibtidaiyah Teacher
Training Study Program Education and Teacher Training Faculty State
Islamic Institute of Palopo. Supervised by Baderiah and Lilis Suryani.
This study aims to determine: 1) the activities of students in the
intervention group using ice breaking, 2) the activities of students in the control
group using direct learning 3) the results of learning to add and subtract whole
numbers of students in the intervention group using ice breaking, 4) the results
learning addition and subtraction of whole numbers for students in the control
group using direct learning, 5) the effectiveness of using icebreakers in learning
addition and subtraction of whole numbers.
This research is a quasi experimental design research. The location of this
research was carried out at SD Negeri 277 Sambirejo, Lamasi District, Luwu
Regency, South Sulawesi Province. The population in this study were all students
in Class II of SD Negeri 277 Sambirejo in class IIA and class IIB. Sampling was
carried out using a total sampling technique with the number of samples in class
IIA and class IIB. The research instruments used were tests, observation and using
Mann Whitney test analysis with a significance level of 5%.
The results of the research showed that 1) the students' activities in the
intervention group using ice breaking obtained good results, 2) the students'
activities in the control group using direct learning obtained poor results, 3) the
results of learning addition and subtraction of whole numbers for students in the
intervention group using ice breaking obtained moderate results, 4) the results of
learning addition and subtraction of whole numbers for students in the control
group using direct learning obtained low results, 5) The use of icebreakers is
effective in learning addition and subtraction of whole numbers in Class II of SD
Negeri 277 Sambirejo, Lamasi District, Luwu Regency compared to direct
learning.
Keywords: Ice Breaking, Addition, Subtraction, Whole Numbers
xxiv
خالصة
َمبترواتي،0202. "فعتلية استخدام كسر الجليد في تعلم جمع وطرح األْداد الصحيحة في الفصل الثتني
من مدرسة ابتدائية الحكومية022ستمبيريجو، مَطقة فرْية المتسي، ريجَسي لوو." َطروحة لبرنتمج
دراسة تعليم المعلمين بتلمدرسة اإلبتداْية، كلية التربية وتدريب المعلمين، معهد بتلوبو اإلسالمي الحكومي.
إشراف بدرية وليليس سوريتني
تهدف هذه الدراسة إلى تحديد:2) نتتئج تعلم جمع وطرح األْداد الصحيحة للطالب في مجموْة التدخل
بتستخدام التعلم المبتشر،3) فعتلية استخدام كتسحت ِ الجليد في تعلم جمع وطرح األْداد الصحيحة
يعتبر هذا البحث بمثتبة بحثتصميمي شبه تجريبي. تم إجراء موقع هذا البحث فيتلمدرسة ابتدائية الحكومية
022ستمبيريجو، مَطقة فرْية المتسي، ريجَسي لوو ، مَطقة ، مقتطعة جَوب سوالويزي. كتن السكتن
في هذه الدراسة جميع الطالب في الفصل الثتني من المدرسة ابتدائية الحكومية022ستمبيريجوفي الفصل
ا0والفصل ب0. تم إجراء َخذ العيَت ِ بتستخدام تقَية َخذ العيَت ِ اإلجمتلية مع ْدد العيَت ِ في الصَف ا0
والفَة ب0. وَدوا ِ البحث المستخدمة هي االختبترا ِ والمالحظة واستخدام تحليل اختبتر متن ويتَي
بمستوى داللة5%.
وَظهر ِ نتتئج البحثَن2) نتتئج تعلم جمع وطرح األْداد الصحيحة للطالب في مجموْة التدخل
بتستخدام كسر الجليد حصلت ْلى نتتئج متوسطة،0) نتتئج تعلم جمع وطرح األْداد الصحيحة للطالب في
المجموْة الضتبطة بتستخدام التعلم المبتشر تم الحصول ْلى نتتئج مَخفضة،3) استخدام كتسحت ِ الجليد
فعتل في تعلم جمع وطرح األْداد الصحيحة في الفصل الثتني من فيتلمدرسة ابتدائية الحكومية022
ستمبيريجو، مَطقة فرْية المتسي، ريجَسي لوو مقترنة بتلتعلم المبتشر.
الكلمت ِ المفتتحية: كسر الجليد، الجمع، الطرح، األْداد الصحيحة

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:44
Last Modified: 27 Feb 2024 23:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item