IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE FINGER PAINTING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK AN-NUR BILANTE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

NURLATIFA, NURLATIFA (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE FINGER PAINTING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK AN-NUR BILANTE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of SKRIPSI NURLATIFA (PIAUD 2019)REPOSITORY.pdf] Text
SKRIPSI NURLATIFA (PIAUD 2019)REPOSITORY.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurlatifa, 2024 “Implementasi Pembelajaran Metode Finger Painting dalam
Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di TK An�Nur Bilante Kecmatan Larompong Kabupaten Luwu” skripsi Program
Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Isntitut Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh Rosdiana dan Pertiwi
Kamariah Hasis.
Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran metode Finger
Painting dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini di TK
An-Nur Bilante, dengan rumusan masalah yaitu apakah pembelajaran metode
Finger Painting dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak di TK
An-Nur Bilante. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran metode
finger painting dalam menigkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini
di Tk An-nur Bilante Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan dua siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 3 kali pertemuan dan Siklus II
yang terdiri dari 3 kali Pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik TK
An-Nur Bilante Tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 15 orang anak, metode
pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan proses belajar
mengajar dengan menggunakan media Finger Painting untuk meningkatkan
motorik halus belajar anak yang diperoleh dari hasil observasi, dan dokumentasi.
Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan skor hasil penelitian yang
menunjukkan peningkatan hasil belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 53% dari semua
indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan skor observasi
sebesar 73% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik.
Siklus II dengan skor 93% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan
mencapai kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) ini
dikatakatn berhasil sehingga peneliti merekomendasikan pembelajaran
menggunakan media Finger Painting dapat meningkatkan kemampuan motorik
halus belajar anak di TK An-Nur Bilante.
Kata kunci : Perkembangan Motorik halus dan Finger Painting
xxiv
ABSTRAK
Nurlatifa, 2024 "Analysis of Finger Painting Method Learning in Improving
Early Childhood Fine Motor Development in An-nur Bialante
Kindergarten, Larompong District, Luwu Regency" thesis, Early
Childhood Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher
Training, Palopo State Islamic Institute, Supervised by Rosdiana and
Pertiwi Kamariah Hasis.
This thesis discusses the learning analysis of the Finger Painting method
in improving the fine motor development of early childhood at An-nur Bilante
Kindergarten. This research aims to analyze the learning of the finger painting
method in improving the fine motor development of young children at An-nur
Bilante Kindergarten, Larompong District, Luwu Regency.
The type of research used is Classroom Action Research (PTK), with
two cycles, namely Cycle I which consists of 3 meetings and Cycle II which
consists of 3 meetings. The subjects of this research were the An-nur Bilante
Kindergarten students for the 2023/2024 academic year, totaling 15 children. The
problem solving method used was by implementing a teaching and learning
process using Finger Painting media to improve children's fine motor learning as
obtained from the results of observations. , and documentation. The success of
this research is determined by the research results scores which show an increase
in children's learning outcomes.
The score in the initial or pre-action condition was 53% of all indicators
and did not meet the good category. Cycle I with an observation score of 73% of
all indicators and did not meet the good category. Cycle II with an overall score of
93% from all indicators and reached the good category. Thus, this classroom
action research (PTK) is said to be successful, so the researchers recommend that
learning using Finger Painting media can improve children's fine motor learning
abilities at An-nur Bilante Kindergarten.
Keyword: Fine Motor Development and Finger Painting

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:15
Last Modified: 20 Mar 2024 01:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item