ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS IX MTs NEGERI PALOP

IKRAR, IKRAR (2024) ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA SISWA KELAS IX MTs NEGERI PALOP. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of Skripsi IKRAR  (2).pdf] Text
Skripsi IKRAR (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ikrar, 2024. “Analisis Metakognisi siswa Dalam Menyelesaikan Masalah
Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa
Kelas IX MTs Negeri Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Muhammad Hajarul Aswad dan
Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang analisis metakognisi siswa dalam
menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender
siswa kelas IX MTs Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan metakognisi siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam
menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX H MTs Negeri Palopo
yang berjumlah 35 orang siswa dimana terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa
perempuan. Kemudian dipilih 6 subjek, yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan yang
memiliki kemampuan matematika kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan
nilai hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dokumen
berupa nilai hasil belajar siswa, lembar tes metakognisi dalam bentuk essay dan
juga wawancara.
Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data diperoleh metakognisi siswa
laki-laki pada tahap perencanaan siswa laki-laki cenderung mampu memahami
masalah pada soal dan cenderung mampu membuat rencana penyelesaian, pada
tahap pemantauan siswa laki-laki cenderung sudah mampu menggunakan rumus
yang telah dibuat sebelumnya untuk menyelesaikan soal dan cenderung mampu
menjelaskan langkah-langkah penyelesaian, dan pada tahap evaluasi siswa laki�laki cenderung mengecek kembali jawaban yang sudah didapatkan dan yakin
dengan jawaban yang didapatkan sudah tepat dan benar. Sedangkan metakognisi
siswa perempuan pada tahap perencanaan siswa perempuan mampu memahami
masalah pada soal dan mampu membuat rencana penyelesaian, pada tahap
pemantauan siswa perempuan sudah mampu menggunakan rumus yang telah
dibuat sebelumnya untuk menyelesaikan soal dan mampu menjelaskan langkah�langkah penyelesaian, dan pada tahap evaluasi siswa perempuan cenderung
kurang teliti dalam mengecek kembali jawaban yang sudah didapatkan sehingga
siswa tidak menyadari adanya kesalahan pada jawaban yang telah didapatkan.
Kata Kunci: Bangun ruang sisi datar, Gender, Metakognisi, Penyelesaian
masalah.
xix
ABSTRACT
Ikrar, 2024. "Analysis of Students' Metacognition in Solving Flat-Sided
Spatial Buildings Problems in View of Gender Differences in Class IX Students of
MTs Negeri Palopo". Thesis Mathematics Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Science, State Islamic Institute (IAIN) Palopo. Supervised
by Muhammad Hajarul Aswad and Muhammad Ihsan.
This thesis discusses the analysis of students' metacognition in solving
flat-sided space building problems in terms of gender differences in class IX
students of MTs Negeri Palopo. This study aims to describe the metacognition of
male students and female students in solving flat-sided space problems.
This research uses qualitative research with descriptive approach. The
subjects in this study were students of class IX H MTs Negeri Palopo totaling 35
students consisting of 15 male students and 20 female students. Then 6 subjects
were selected, namely 3 boys and 3 girls who had high, medium, and low
mathematical abilities based on student learning outcomes. The research
instruments used are documents in the form of student learning outcomes,
metacognition test sheets in the form of essays and interviews.
Based on the results of data description and analysis, it is obtained that the
metacognition of male students at the planning stage of male students tends to be
able to understand the problem in the problem and tends to be able to make a
solution plan, at the monitoring stage male students tend to be able to use
previously made formulas to solve problems and tend to be able to explain the
steps of completion, and at the evaluation stage male students tend to recheck the
answers that have been obtained and are sure that the answers obtained are correct
and correct. While female students' metacognition at the planning stage female
students are able to understand the problem in the problem and are able to make a
solution plan, at the monitoring stage female students have been able to use
previously made formulas to solve problems and are able to explain the steps of
completion, and at the evaluation stage female students tend to be less careful in
checking back the answers that have been obtained so that students do not realize
any errors in the answers that have been obtained.
Keywords: Building flat side space, Gender, Metacognition, Problem solving

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:29
Last Modified: 20 Mar 2024 01:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item