PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO

HASMIANI, BESSE (2023) PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of SKRIPSI ESSE FULL revisi[1].pdf] Text
SKRIPSI ESSE FULL revisi[1].pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Besse Hasmiani, 2022 ―Pengembangan Model Penilaian Autentik pada
Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN 41 Batu Putih Kota Palopo‖ pada
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah di bimbing oleh Bapak Nurdin K, selaku pembimbing
utama dan Ibu Mirnawati selaku pembimbing kedua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan
pengembangan model penilaian autentik pada pembelajaran tematik di kelas IV
SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Untuk merancang model penilaian autentik pada
pembelajaran tematik di kelas IV SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Untuk menguji
kevalidan dan kepraktisan pengembangan model penilaian autentik pada
pembelajaran tematik di kelas IV SDN 41 Batu Putih Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian dan pengembangan,
yang lebih dikenal dengan istilah Research & Developmen (R&D). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ASSURE.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa desaign menggunakan applikasi atau
software yang berpacu pada silabus dan RPP pembelajaran. Respon peserta didik
dalam penggunaan model Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di SDN
41 Batu Putih Kota Palopo berdasarkan Persentase dari aspek format dan isi
materi mendapat skor 87% kategori layak. Hal ini diartikan bahwa produk media
pembelajaran yang dibuat telah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan siswa
juga mampu menangkap serta mudah memahami materi yang diberikan. Respon
kelayakan validasi terhadap pengembangan Model Penilaian Autentik pada
Pembelajaran Tematik di SDN 41 Batu Putih Kota Palopo cukup baik berdasarkan
hasil penelitian dilakukan oleh ahli materi, evaluasi dan desain yang terdapat
dalam produk ini dinyatakan valid dan dapat diujikan untuk menilai kelayakannya
didalam proses pembelajaran. Hasil persentase nilai total dari 3 variabel diperoleh
87% yang meliputi 87 untuk format dan isi materi, 82 untuk desain, dan 91 untuk
aspek evaluasi dalam proses dan pemberian tugas pada saat pembelajaran.
Implikasi penelitian ini yaitu untuk guru diharapkan mampu mampu
mengembangkan media pembelajaran yang menarik yang mampu meingkatkan
pengetahuan, pemahaman siswa pada pembelajaran tematik materi menghemat
energi.
Kata Kunci : Model Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik.
xvii
ABSTRACT
Besse Hasmiani, 2022 "Development of an Authentic Assessment Model in
Thematic Learning in Class IV of SDN 41 Batu Putih City
of Palopo" at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty,
Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program
guided by Mr. Nurdin K, as the main supervisor and Mrs.
Mirnawati as the supervisor second.
This study aims to determine the needs analysis for the development of an
authentic assessment model in thematic learning in class IV SDN 41 Batu Putih,
Palopo City. To design an authentic assessment model for thematic learning in
class IV SDN 41 Batu Putih, Palopo City. To test the validity and practicality of
developing an authentic assessment model in thematic learning in class IV SDN
41 Batu Putih, Palopo City.
The type of research used is research and development, which is better known as
Research & Development (R&D). The development model used in this study is
the ASSURE model.
The results of the study show that the design uses an application or software that
is based on the syllabus and lesson plans. Student responses in using the Authentic
Assessment model in Thematic Learning at SDN 41 Batu Putih, Palopo City,
based on the percentage of format and content aspects, scored 87% in the
appropriate category. This means that the learning media products made are in
accordance with the objectives to be achieved and students are also able to capture
and easily understand the material provided. The validation feasibility response to
the development of an Authentic Assessment Model in Thematic Learning at
SDN 41 Batu Putih, Palopo City is quite good based on the results of research
conducted by material experts, the evaluation and design contained in this product
are declared valid and can be tested to assess its feasibility in the learning process.
The percentage results for the total value of the 3 variables obtained were 87%
which included 87 for format and content, 82 for design, and 91 for evaluation
aspects in the process and giving assignments during learning.
The implication of this research is that teachers are expected to be able to develop
interesting learning media that are able to increase knowledge, students'
understanding of thematic learning materials to save energy.
Keywords: Authentic Assessment Model, Thematic Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:56
Last Modified: 20 Mar 2024 01:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8414

Actions (login required)

View Item View Item