YURIKA, YENI (2024) PENERAPAN METODE FUN TEACHING BERBANTUAN APLIKASI GRASPABLE MATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAEBUNTA SELATAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (583kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
|
Text
SKRIPSI YENI YURIKA REPOSITORY.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK
Yeni Yurika, 2024. “Penerapan Metode Fun Teaching Berbantuan Aplikasi
Graspable Math untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Kelas VIII SMP Negeri 1 Baebunta Selatan”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nilam Permatasari
Munir dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode Fun Teaching berbantuan
aplikasi Graspable Math untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum diterapkan metode Fun
Teaching dengan berbantuan aplikasi Graspable Math. 2) Untuk mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menerapkan metode Fun
Teaching dengan berbantuan aplikasi Graspable Math. 3) Untuk mengetahui
apakah pembelajaran dengan metode Fun Teaching dengan berbantuan aplikasi
Graspable Math dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis
siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk penelitian
pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest�Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
yang terdiri dari 3 kelas dengan dengan jumlah siswa sebanyak 79 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Random
Sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VIII.B sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Instrumen
pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes
kemampuan berpikir kreatif matematis. Data yang diperoleh kemudian diolah
dengan analisis menggunakan uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa sebelum menerapkan metode Fun Teaching berbantuan
aplikasi Graspable Math memiliki perolehan data dengan nilai rata-rata 56,92
dengan kategori sedang. 2) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
setelah metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math memiliki
perolehan data dengan nilai rata-rata 70,55 dengan kategori sedang. 3) Penerapan
metode Fun Teaching berbantuan aplikasi Graspable Math dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil analisis data akhir
menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) = 0,000;
sehingga sig. (2-tailed) < 0,05. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka
ditolak dan diterima.
Kata kunci: Fun Teaching, Graspable Math, Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis
xxiv
ABSTRACT
Yeni Yurika, 2024. “Application of Fun Teaching Method Assisted by Graspable
Math Application to Improve Mathematical Creative Thinking Ability of
Class VIII SMP Negeri 1 Baebunta Selatan”. Thesis of Mathematics
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Ilmu Teacher Training,
Palopo State Islamic Institute. Supervised by Nilam Permatasari Munir and
Sitti Zuhaerah Thalhah.
This thesis discusses the application of the Fun Teaching method assisted
by the Graspable Math application to improve creative mathematical thinking
abilities in class VIII. The aims of this research is; 1) To determine students'
mathematical creative thinking abilities before applies the Fun Teaching method
with the help of the Graspable Math application. 2) To determine students'
mathematical creative thinking abilities after applies the Fun Teaching method
with the help of the Graspable Math application. 3) To find out whether learning
using Fun Teaching method with the help of the Graspable Math application can
improve students' creative mathematical thinking skills.
This type of research is quantitative research in the form of pre�experimental research. The research design used is One Group Pretest-Posttest
Design. The population in this study were all class VIII students consisting of 3
classes with a total of 79 students. Sampling was carried out using the Purposive
Random Sampling technique. The sample used consisted of 1 classes, namely
class VIII.B as the experimental class with a total of 26 students. The data
collection instruments in this research were observation sheets and mathematical
creative thinking ability tests. The data obtained was then processed by analysis
using the Mann-Whitney test.
The research results show that: 1) The level of students' mathematical
creative thinking abilities before applies the Fun Teaching method assisted by the
Graspable Math application had data acquisition with an average score of 56,92 in
the medium category. 2) The level of students' mathematical creative thinking
abilities after applies the Fun Teaching method assisted by the Graspable Math
application had data acquisition with an average score of 70,55 in the medium
category. 3) The application of the Fun Teaching method assisted by the
Graspable Math application can improve students' mathematical creative thinking
abilities. The results of final data analysis using the Mann-Whitney test showed
that sig. (2-tailed) = 0,000; so sig. (2-tailed) < 0,05. Based on the predetermined
criteria, it is rejected and accepted .
Keywords: Fun Teaching, Graspable Math, Creative Mathematical Thinking
Ability
xxv
تجريدي
يني َيوريكا .0202،َ َ"رطجٛك طشٚمخ انزذسٚس انًًزؼخ ثًسبػذح رطجٛك انشٚبضٛبد انمبثم
نهفٓى نزحسٍٛ لذسح انزفكٛش اإلثذاػٙ انشٚبضٙ نهصف انثبيٍ 1 Negeri SMP
Selatan Baebunta". أطشٔحخ ثشَبيج دساسخ رؼهٛى انشٚبضٛبد ، كهٛخ انزشثٛخ
ٔرذسٚت انًؼهًٍٛ ، يؼٓذ ثبنٕثٕ اإلساليٙ انحكٕي.ٙ ثزٕجّٛ يٍ َٛالو ثٛشيبربسبس٘
يُٛش ٔسٛزٙ صْٛشح ثبنحخ.
رُبلش ْزِ األطشٔحخ رطجٛك طشٚمخ انزذسٚس انًًزغ ثًسبػذح رطجٛك انشٚبضٛبد
انًفٕٓيخ نزحسٍٛ يٓبساد انزفكٛش اإلثذاػٙ انشٚبضٙ نطالة انصف انثبي.ٍ أْذاف ْزِ
انذساسخ :ْٙ 1( يؼشفخ يٓبساد انزفكٛش اإلثذاػٙ انشٚبضٙ نذٖ انطالة لجم رطجٛك طشٚمخ
انزذسٚس انًًزغ ثًسبػذح رطجٛك انشٚبضٛبد انًفٕٓيخ. 2( يؼشفخ يٓبساد انزفكٛش اإلثذاػٙ
انشٚبضٙ نذٖ انطالة ثؼذ رطجٛك طشٚمخ انزذسٚس انًًزغ ثًسبػذح رطجٛك انشٚبضٛبد
انًفٕٓيخ. 3( نًؼشفخ يب إرا كبٌ انزؼهى ثبسزخذاو طشٚمخ انزذسٚس انًًزغ ثًسبػذح رطجٛك
Math Graspable ًٚكٍ أٌ ٚحسٍ يٓبساد انزفكٛش اإلثذاػٙ انشٚبضٙ نذٖ انطالة.
ْزا انُٕع يٍ انجحث ْٕ انجحث انكًٙ فٙ شكم ثحث يب لجم انزجشٚج.ٙ كبٌ رصًٛى
انجحث انًسزخذو ْٕ رصًٛى االخزجبس انمجهٙ نهًجًٕػخ انجؼذٚخ. كبٌ انًجزًغ فٙ ْزِ انذساسخ
جًٛغ طالة انصف انثبيٍ ٚزكٌٕ يٍ 3 فصٕل ثئجًبنٙ 97 طبنجب. ٚزى أخز انؼُٛبد ثبسزخذاو
رمُٛخ أخز انؼُٛبد انؼشٕائٛخ انٓبدفخ. رأنفذ انؼُٛخ انًسزخذيخ يٍ فئخ 1 ، ْٙٔ انفئخ B.VIII
كفصم رجشٚجٙ ثئجًبنٙ 22 طبنجب. أدٔاد جًغ انجٛبَبد فٙ ْزِ انذساسخ ْٙ أٔساق
انًالحظخ ٔاخزجبساد يٓبساد انزفكٛش اإلثذاػٙ انشٚبض.ٙ ثى رًذ يؼبنجخ انجٛبَبد انزٙ رى
انحصٕل ػهٓٛب ػٍ طشٚك انزحهٛم ثبسزخذاو اخزجبس يبٌ ٚٔز.ُٙ
أظٓشد انُزبئج يب ٚه:ٙ 1( يسزٖٕ لذسح انزفكٛش اإلثذاػٙ انشٚبضٙ نذٖ انطالة لجم
رطجٛك طشٚمخ انزذسٚس انًًزغ ثًسبػذح رطجٛك انشٚبضٛبد االسزٛؼبثٛخ كبٌ نذٓٚى اكزسبة
ثٛبَبد ثًزٕسط لًٛخ 22.72 فٙ انفئخ انًزٕسطخ. 2( يسزٖٕ لذسح انطالة ػهٗ انزفكٛش
اإلثذاػٙ انشٚبضٙ ثؼذ طشٚمخ انزذسٚس انًًزغ ثًسبػذح رطجٛك انشٚبضٛبد االسزٛؼبثٛخ انزٙ
اكزسجذ ثٛبَبد ثًزٕسط لًٛخ 95.22 فٙ انفئخ انًزٕسطخ. 3( ًٚكٍ أٌ ٚؤد٘ رطجٛك طشٚمخ
انزذسٚس انًًزؼخ ثًسبػذح رطجٛك انشٚبضٛبد انمبثهخ نهفٓى إنٗ رحسٍٛ يٓبساد انزفكٛش
اإلثذاػٙ انشٚبضٙ نذٖ انطالة. أظٓشد َزبئج رحهٛم انجٛبَبد انُٓبئٙ ثبسزخذاو اخزجبس
Whitney-Mann أٌ sig.( 2 رٚم( = 5.555 ؛ نزنك سٛج. )2 انزٚم( > .5.52 ثُبء ػهٗ
انًؼبٛٚش انزٙ رى رؼُٓٛٛب ، إرٌ يشفٕض ٔ لجهذ.
الكلماتَالمفتاحيةَ:َانزذسٚس انًًزغ ، انشٚبضٛبد انًفٕٓيخ ، انمذسح ػهٗ انزفكٛش اإلثذاػٙ
انشٚبضٙ
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 02:15 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 02:15 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8417 |
Actions (login required)
View Item |