IMPLEMENTASI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK PEMBINA BAEBUNTA

NURFADILLA, NURFADILLA (2024) IMPLEMENTASI METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK PEMBINA BAEBUNTA. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Nurfadila.pdf] Text
Nurfadila.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurfadilla, 2024. “Implementasi Metode Bercerita untuk Meningkatkan
Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelompok B Di TK Pembina
Baebunta”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia
Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhammad Guntur dan Subhan.
Skripsi ini membahas tentang 1). permasalahan konsentrasi belajar Anak
Didik TK Pembina Baebunta yaitu masih ada beberapa peserta didik yang
konsetrasi belajarnya terganggu saat pembelajaran sedang berlangsung. Seperti
halnya peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran karena sering melihatkan
keluar jendela atau ada hal-hal yang lebih menarik dan juga terkadang ganguang�gangguan dari peserta didik yang lain. 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan konsentrasi belajar belajar anak di TK Pembina Baebunta. 3). Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua
siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 4 kali pertemuan dan Siklus II yang terdiri dari
4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Usia 5-6 Tahun Di
TK Pembina Baebunta Tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 16 orang anak. 4).
Metode pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan proses
belajar mengajar dengan menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan
konsentrasi belajar anak yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi. 5). Hasil penelitian yaitu keberhasilan penelitian ini ditentukan
dengan skor hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan konsentrasi belajar
anak. Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 0% anak yang memiliki
konsentrasi belajar berkategori berkembang sesuai harapan (BSH). Siklus I
konsentrasi belajar anak sudah meningkat dari sebelymnya namun masih 0% siswa
yang memiliki konsentrasi belajar berkategori berkembang sesuai harapan (BSH).
Siklus II semua anak atau 100% sudah memiliki konsentrasi belajar yang
berkategori berkembang sesuai harapan. 6). Dengan demikian, penelitian tindakan
kelas (PTK) ini berhasil sehingga peneliti merekomendasikan pembelajaran
menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak.
Kata kunci: konsentrasi belajar, metode bercerita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S.I.P. Harmayani haeruddin
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:28
Last Modified: 21 Mar 2024 05:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8454

Actions (login required)

View Item View Item