SHAFWAN, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX DI SMP NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text
MUHAMMAD SHAFWAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Shafwan, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung
Kelas IX SMP Negeri 2 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Alia Lestari dan Nilam
Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Android Menggunakan Articulate Stortline 3 daam Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media, praktikalitas media, dan
efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis
(Analysis), desain (Desaign), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), evaluasi (Evaluasi). Subyek penelitian ini adalah 28 siswa kelas
IX SMP Negeri 2 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli
media dan materi, angket praktikalitas dan angket motivasi belajar siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan analisis
data deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran menggunakan Articulate
Storyline yaitu berupa media pembelajaran berbasis Android. Hasil validasi ahli
media memperoleh 83,75% dengan kategori “sangat valid”, validasi materi
memperoleh rata-rata 98,75% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas
oleh guru dan siswa memenuhi syarat praktis yaitu 100% dan 86,07% dengan
kategori “sangat praktis”. Hasil uji efektivitas media pembelajaran berbasis
Android menggunakan Articulate Storyline 3 dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa dilihat dari hasil uji N-gain sebesar 41,18% dengan kategori “sedang”.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis
Android menggunakan Articulate Storyline 3 efektif digunakan dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Articulate Storyline 3, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Media
Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | S.I.P. Harmayani haeruddin |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:16 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:16 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8459 |
Actions (login required)
View Item |