ADDIN, NURUL HUSNUL KHATIMAH (2023) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (233kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Husnul Khatimah Addin, 2023 “Hubungan Antara Kedisiplinan dengan
Prestasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Kelas XI SMA egeri 1 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Munir Yusuf dan
Muh. Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang “Hubungan Antara Kedisiplinan dengan
Prestasi Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI
SMA Negeri 1 Palopo”. Masalah pokok pada penelitian ini adalah adakah
hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi peserta didik di kelas XI SMA Negeri
1 Palopo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan
dengan prestasi belajar di kelas XI SMA Negeri 1 Palopo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
asosiatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 15% dari populasi yang
berjumlah 325 peserta didik sehingga sampel yang diteliti adalah 48 peserta didik
dan Teknik yang digunakan adalah rendom sampling (sampel acak). Teknik
pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah
statistika deskriktif dan statistika inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Hasil
penelitian menunjukkan data kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo
memiliki rata-rata 60,1 dalam kategori baik. 2) Hasil penelitian menunjukkan data
prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Palopo memiliki rata-rata 85,4
dalam kategori sangat baik. Indikator prestasi belajar PAI, diketahui bahwa
Kognitif nilai rata-rata 85,5, Afektif nilai rata-rata 85,4 dan Psikomotor nilai rata�rata 85,5. 3) Terdapat nilai signifikansi 0,003<0,05 yang menunjukkan adanya
hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik
Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Negeri 1 Palopo. Dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,510 hal ini menunjukkan adanya hubungan positif antara
kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan
signifikansi sehingga terdapat hubungan yang signifikan. Dengan demikian, Ha
diterima sedangkan Ho ditolak.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi Belajar di SMA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan psikologi > 158.2 Hubungan Antar Individu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:09 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:09 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8481 |
Actions (login required)
View Item |